PEMAHAMAN KONSEP BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III C

Mursid Rosidi(1),
(1) Guru SDN 24 Kota Bengkulu, Indonesia

Abstract


Abstrak

       Tujuan Penelitian Menggunakan Media Konkret pada pembelajaran IPA tentang Bagian Tumbuhan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas III C SDN 24 Kota Bengkulu. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penggunaan alat peraga konkret sesuai dengan karakteristik siswa, karena mereka berada pada tahap berpikir operasional konkrit. Subjek penelitian adalah siswa kelas III C SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh pada siklus I ternyata sudah mulai mengalami peningkatan walaupun belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 64 dengan daya serapnya 70%. Sedangkan Pada siklus II, hasil yang dicapai siswa sudah memuaskan yaitu nilai rata-rata 8,2 dan daya serap 82 %. Perolehan ini menunjukkan bahwa pelajaran sudah berlangsung sangat baik dan berhasil. Hal ini dikarenakan menggunakan media dan metode yang tepat.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Media Konkrit, Hasil Belajar.

 


Keywords


Pemahaman Konsep, Media Konkrit, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.63-68

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mursid Rosidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor PGSD : View My Stats

Jurnal PGSD indexed by :

     

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Locations :