UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV B

Elmi Hastuti(1),
(1) Mahasiswa FKIP UNIB, Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan Penelitian menggunakan Media Tiga Dimensi untuk mengetahui       keaktivan dan peningkatan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B di SD Negeri 24 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan seorang pengamat pada setiap siklusnya. Tes dilakukan untuk mendapatkan data hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas siswa dan guru selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA dengan menggunakan MEDIA TIGA DIMENSI adalah baik yaitu dengan skor aktivitas siswa 28 dan skor aktivitas guru 29. Hal ini meningkat karena guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mau bertanya, guru juga menyiapkan RP dengan baik, guru juga memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa dalam proses belajar mengajar agar siswa lebih memahami materi melalui MEDIA TIGA DIMENSI. (2) hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan MEDIA TIGA DIMENSI adalah meningkat yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 62 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Hal ini meningkat karena siswa yang belum mencapai nilai standar KKM diberikan perhatian yang lebih berupa pendekatan dan bimbingan yang lebih dari pada temannya yang lain, hal ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam memahami materi yang disamapikan oleh guru.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan MEDIA TIGA DIMENSI dapat meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi ( hasil belajar ) siswa.

Kata kunci : Keaktifan, Pr estasi Belajar, Media Tiga Dimensi


Keywords


Keaktifan, Prestasi Belajar, Media Tiga Dimensi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Azhar Arsyad, 2007. Media Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada

Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif. Jakarta : AV Publisher

Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Endang, 2009 Mengajar IPA Secara Bermakna : Bengkulu Unib Press

Lidia Wahyuni, 2007. Meningkatkan Prestasi Belajar Metematika Melalui Rancangan Pengajaran Tandur Di Kelas VIIB SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Martiningsih, 2010 Apakah Penggunaan Media Tiga DimensiDapat Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP AL Muslim Waru Sidoarjo, PTK, http: / /pe-te-ka. Blogspot. Com /2010 /02 / apakah-panggunaan-media-asli. Html /2 /11 /2010

Muhammad Syafrizal, 2009 Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Di Kelas VII.2 SMP 3 Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Skripsi, Universitas Bengkulu

Nana Sudjana & Rivai, 2005. Media Pengajaran ( Penggunaan Dan Pembuatan ). Bandung : Sinar Baru Aigensindo Offet Bandung

Nar Herrhyanto & Akib Hamid, 2008. Statistik Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka

Nizar Alam. H & Dodi Hermana, 2008. Classroom Action Research. Bengkulu. Rahayasa

Rosdiana , 2007 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Balam Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Atau Alat Peraga Pada SD Negeri 59 Kota Bengkulu

Usman Samatowo,2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks

Supino , 2007. Upaya meningkatka prestasi belajar siswa dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPA Kelas VA SD Negeri 03 Kampung Bali Kota Bengkulu. Laporan PTK. Universitas Bengkulu.

Wahyu Wiratmoyo, 2005. Pengaruh keaktivan siswa pada metode pembelajaran kuantum terhadap prestasi belajar kimia dasar kelas X pokok bahasan kimia koloid di SMK kimia industria theresiana.

http: / /diqiib.unnes.ac.id /qsdl /colect /skripsi /archives /HASH9e4e.dir /doc.pdf /2010 /09 /15

Zainal aqib, 2006 penelitian tindakan kelas bagi pengembangan profesi guru bandung CV. Yrama Widya.

http / /ridwan 2008. Wordpress.com /2008 /05 /03 /ketercapaian-prestasi-belajar /3 /8 /2010 /http: / /purwiro 2007. www.unisla.ac.id /conten /view /20 /9 /20 /11




DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.55-62

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Elmi Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor PGSD : View My Stats

Jurnal PGSD indexed by :

     

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Locations :