Main Article Content

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas dengan menerapakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu :1) pada siklus I pembelajaran belum berjalan dengan baik dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar 6,4 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,6%. Pada sikus II pembelajaran telah berjalan dengan baik, aktivitas siswa dan guru telah menunjukkan peningkatan dari siklus I dan perolehan nilai rata-rata hasil belajar 7,6 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.


Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi, Hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Dapiha, D. D. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas”. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27