Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V Gugus V Kota Bengkulu

Syahril Yusuf(1),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa, dan sampelnya berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengetahui motivasi belajar, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar intrinsik siswa dengan hasil belajar PKn dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,470>0,301). (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar PKn dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,6>0,301). (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu, dimana rhitung sebesar 0,44, sedangkan rtabel sebesar 0,301 dengan N=43 pada taraf signifikansi 5%. Jadi r hitung lebih besar dari pada rtabel (0,44>0,301), karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian. Disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Peneliti  menyarankan untuk meneliti tentang variabel lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa.


Keywords


motivasi belajar, hasil belajar PKn

Full Text:

PDF

References


Lestari, dkk. 2015. Korelasi Antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Pembelajaran PKn Siswa SDN 22 Pontianak Barat. http://www.e-jurnal.com/2015/01/korelasi-antara-motivasi- berprestasi.html. Diunduh pada tanggal 17 Oktober 2016.

Sardiman, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati, dkk.. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Abdul. A., & Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.49-54

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syahril Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor PGSD : View My Stats

Jurnal PGSD indexed by :

     

Jurnal PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : pgsd.fkip@unib.ac.id

Locations :