Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV MI Nurul Huda 1 Curug dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Intrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan tes. Teknik analisis, data tes dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I belum cukup baik yaitu 68,55 dan persentase aktivitas guru 63,46% serta persentase aktivitas siswa 60%. Pada siklus II mengalami perbaikan yang baik dengan nilai rata-rata hasil belajar 73 dan persentase aktivitas guru 73,07% serta persentase aktivitas siswa 70%. Pada siklus III mengalami peningkatan sangat baik memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 85,4 dan persentase aktivitas guru 82,69% serta persentase aktivitas siswa 82,5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV MI Nurul Huda 1 Curug.

Article Details

How to Cite
Harahap, H. N., Priatna, O. S., & Nawawi, M. K. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA 1 CURUG. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 79–92. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.79-92

References

  1. Arikunto, S. dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Aqib, Z. (2016). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRAMA WIDYA.
  3. Husnah, N. dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV di SD Negri 017 Ranah Singkuang. Riau: Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Volume 3 No. 2 Tahun 2016 (1-12)
  4. Iman Pambudi, R. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Suryodiningratan II Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 6 No. 1 Tahun 2017 (71-80)
  5. Kurniasih, I. & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
  6. Mulyasa, H. E. (2012). Praktik Penelitia Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  7. Novida, I. (2016). Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Jasa dan Peranan Tokoh Pejuang dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada siswa Kelas V SD Negri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Aceh: Jurna Bina Gogik. Volume 3 No. 1 Tahun 2016 (1-14)
  8. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyatakarta: AR-RUZZ MEDIA
  9. Susanto, A. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  10. Sudijono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  11. Suyadi. (2015). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.
  12. Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  13. Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Erlangga.
  14. Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.