Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of thematic learning by applying an environmental approach to the knowledge of Seluma Primary-School students about the Our Friends Environment. The research used is the only matching pretest-posttest control group design. The populations are all grade V students of SDN Seluma in the academic year 2017/2018. The research samples are grade V students of SDN 01 and SDN 13 Seluma. The instrument used is a test sheet to measure students' knowledge about the environment of our friends. The results of the research data are analyzed inferentially by independent sample t-test. The results of the study obtained a significance value (2- tailed) is lower than 0.025. The conclusion of this study is that there is a significant influence of thematic learning by applying an environmental approach to the knowledge of SDN Seluma students about the environment of our friends.

Keywords

Thematic Learning Environmental Education Student Knowledge.

Article Details

How to Cite
Gunawan, A., Dadi, S., & Anggraini, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik dengan Menerapkan Pendekatan Lingkungan terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Seluma tentang Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 105–112. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.105-112

References

  1. Ismail, A., Tiwi, daan Salmi (2016). Pendidikan Berbasis Lingkungan Alam Menghadapi Tantangan Global Warming. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu: 18-26
  2. Efendi, A. (2016). Pendidikan Berbasis Lingkungan Budaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu: 14-17
  3. Febriyanti, Arida (2015). Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2015 PGSD FKIP Universitas Bengkulu: 322-328
  4. Dadi, S. (2007). Pemanfaatan Model Kelas Sebagai Penerapan Pendekatan Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 27 Kota Bengkulu. Laporan Penelitian Due-Like. Universitas Bengkulu.
  5. Dadi, S. (2009). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Bengkulu: PGSD FKIP Universitas Bengkulu.
  6. Badeni. (2016). Pendidikan Berbasis Lingkungan Sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu.
  7. Depdikbud. (1978/1980). Pertenunan Tradisional Daerah Bengkulu. Bengkulu. Proyek Pengembangan Permusiuman Bengkulu.
  8. Dalifa dan Winarni, E. W. (2015). Pengembangan Model PLH Terintegrasi dalam IPA Menggunakan Pendekatan Lingkungan untuk Pelestarian Biodiversity Bagi Siswa SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2015 Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu.
  9. Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar melalui Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 1 Sribit Delanggu pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pedagogia, 2 (1), 59-70.
  10. Neka, I. K., Marhaeni, A. N., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1).
  11. Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.
  12. Dadi, S. (2015). Pemanfaatan Model kelas sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan karakter dan kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 74 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1-6.
  13. Koeriyah, N. & Mawardi. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63-74.
  14. Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, PTK, dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
  15. Wurdjinem & Dadi, S. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Melalui Pemanfaatan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Karakter Mahasiswa pada Perkuliahan Konsep Dasar IPS Di PGSD FKIP UNIB. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(13), 153-157.