Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua

Umi Atun Zahro(1), Noermanzah Noermanzah(2), Syafryadin Syafryadin(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Melalui berbahasa anak dapat mengembangkan interaksi dengan orang lain atau teman sebaya. Rendahnya penguasaan kosakata bahasa Indonesia yang dimiliki anak diduga karena orang tua ketika berkomunikasi dengan anak lebih sering menggunakan bahasa ibu atau bahasa daerah dibandingkan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia sangat jarang digunakan orang tua ketika berkomunikasi dengan anak-anak. Untuk itu, tujuan pembahasan ini yaitu menjelaskan penguasaan kosakata bahasa indonesia anak dari segi umur, jenis kelamin, jenis kosakata, sosial ekonomi orang tua, dan pekerjaan orang tua. Metode penulisan menggunakan kajian literatur. Penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada anak lebih banyak pada kata benda, disusul dengan kata sifat, kata kerja, kata keterangan, kata bilangan, kata ganti, kata seru, kata depan, kata hubung, dan kata sandang. Berdasarkan umur, penguasaan kosakata anak yang sudah dewasa lebih banyak daripada umur anak yang masih kecil. Berdasarkan jenis kelamin, anak perempuan lebih banyak menguasai kosakata daripada anak laki-laki. Berdasarkan pekerjaan orang tua, anak yang orang tuanya bekerja sebagai guru berbeda penguasaan kosakatanya dengan anak yang orang tuanya bekerja sebagai petani, pedagang dan buruh. Berdasarkan sosial ekonomi, terlihat bahwa anak yang memiliki sosial ekonomi tinggi maka penguasaan kosakata akan tinggi pula, sebaliknya anak yang memiliki sosial ekonomi rendah maka penguasaan kosakatanya akan rendah pula.

Kata kunci: penguasaan kosakata, bahasa Indonesia, anak


References


Adhani, A. (2017). Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Textium.

Amalputra, L.Y.H. (1994). Pengaruh Teknik Penerjemahan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Kemampuan Verbal. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, FBS UNY.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, L. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Bermain Kartu Bergambar. Buana Ilmu, 1(1). doi:10.36805/bi.v1i1.100

Hilaliyah, T. (2018). Penguasaan Kosakata dan Kecerdasan Interpersonal dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa. Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(2), 157. doi:10.30870/jmbsi.v3i2.5237

Kridalaksana, H. (2008). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusmaita, K. (2019). Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 114–121. doi:10.33369/diksa.v5i2.9921

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. FONEMA, 4(2). doi:10.25139/fonema.v4i2.762

Muslich, M. (2013). Tata Bentuk Bahasa Indonesia Kajian ke Arah Tata Bahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Noermanzah, N. (2017). A 1.4 Year Old Child Language Acquisition (Case Study on a Bilingual Family). PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 5(2), 145-154. https://doi.org/10.14710/parole.v5i2.154

Noermanzah, N. (2017). Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Sindang di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 3. doi:10.21009/aksis.010101

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 307, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151/5537

Sunarto, A. & Hartono, A. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Syafryadin, Dian, E. C. Wardhana., Eka Apriani., & Noermanzah. (2020). Maxim Variation, Conventional, and Particularized Implicature on Students’ Conversation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2) https://doi.org/10.31219/osf.io/cza8y.

Viora, D. (2017). Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Xi Sma Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 154–163. doi:10.24114/sejpgsd.v7i2.6849


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.