Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siklus komunikasi remaja hedonisme dari awal perkenalan, mencapai puncak kebersaman, hingga alasan-alasan ter-erosinya hubungan sampai di titik perpisahan pada mahasiswa Hukum Universitas Bengkulu. Sehingga penelitian yang menggunakan jenis kualitatif ini memiliki informan yaitu mahasiswa Jurusan Hukum angkatan 2014 Universitas Bengkulu sebagai informan pokok dan seorang psikolog sebagai informan ahli melalui teknik pengumpulan data wawancaea, observasi, serta dokumentasi sedangkan dengan model Analisis Interaktif dan triangulasi untuk keabsahan datanya. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini bahwa hal pertama yang biasanya menjadi daya tarik mahasiswa Hedon adalah ketika mereka memutuskan untuk menjadikan teman dan dekat dengan menilai barang-barang branded untuk menjadi standar awal pertemanan lalu puncak keharmoniasan bisa ditunjukan dengan adanya aktivitas saling nongkrong secara rutin.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2019 Diah Tri Andini, Lisa Adhrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jurnal KAGANGA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
1. Lisensi
Penggunaan artikel ini akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini ditampilkan pada Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jurnal KAGANGA: Ilmu Ilmu Sosial dan Humaniora adalah semangat untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, Jurnal KAGANGA memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan pekerjaan hanya untuk tujuan komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Jurnal KAGANGA untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memiliki hak-hak berikut:
Hak cipta, dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan, termasuk ceramah dan buku, Hak untuk mereproduksi artikel untuk tujuan sendiri, Hak untuk mandiri arsipkan artikel tersebut, hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (mis., mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora).
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulisnya tentang ketentuan persetujuan ini.
6. Pengakhiran
Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora setelah pemberitahuan dua bulan di mana pihak lain secara material telah melanggar perjanjian ini dan gagal untuk memperbaiki pelanggaran tersebut dalam waktu sebulan setelah diberikan pemberitahuan oleh pihak yang mengakhiri. meminta pelanggaran tersebut untuk diatasi. Tidak ada pelanggaran atau pelanggaran perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di dalamnya untuk berakhir secara otomatis atau mempengaruhi definisi Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora
7. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan setiap penggunaan artikel oleh Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora atau sublisensi-nya.
8. Lain-lain
Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora akan menerbitkan artikel (atau menerbitkannya) di jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan dan Jurnal KAGANGA atau sublisensi-nya telah berkewajiban untuk memiliki artikel yang diterbitkan. Jurnal KAGANGA dapat mengkonfirmasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca.
References
- Buku
- Dewojati, D. (2010). Wacana Hedonisme : Dalam Sastra Populer Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Hanani, S. (2017). Komunikasi Antar Pribadi : Teori dan Praktik. Yogyakarka: AR-RUZ Media Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana
- Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Suranto Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Syarwani, E. &. (2014). Komunikasi Antar Pribadi : Perilaku Insani Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo
- Persada. Karnia, R. N. (2014). Komunikasi Antar Pribadi (Konsep dan Teori Dasar). Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Titik Kuntari, M. (2007). Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu Elizabeth B. Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan, Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
- Artikel Jurnal
- Agnes Lestari Nurvitria. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Implusif Pada Mahasiswa Jurusan PPB 2013 FIB UNY.
- Azizah, F. N. (2015). Kontrol diri dan gaya hidup hedonis pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro.
- Hidayat, P. (2016). Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa, 2–14. Jurnal Psikologi
- Kholil. (2016). Proses Penetrasi Sosial pada Pembentukan Relationship Development dalam Menjalin Hubungan Baik. Jurnal Psikologi Meriena
- Purwanti, P. A. (2014). Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Remaja Putri (Studi Kasus Komunitas Warung Bumi Ayu, Jalan Gunung Agung, Kota Denpasar)
- Putu Ari Purwanti. Ratu Aulia. (2017). Gaya Hidup Hedonis di Kalangan Remaja (Studi Pada Komunitas Mobil LSC 81 Club).
- Skripsi
- Aini S.T (2014) Proses Penetrasi Sosial pada Pembentukan Relationship. Jurnal Psikologi
- Fitriani (2015) Penetrasi Sosial pada Kedekatan Konsumen . Jurnal Sosiologi
- Rejeki, S. A. (2013). Jurnal psikologi. Jurnal Psikologi, 40(2), 169–180.Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6975/9440
- Sari, D. N. (2015). Perbadan Gaya Hidup Mahasiswa Ditinjau Dari Status Ekonomi dan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Jurusan Manajeman Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.
References
Buku
Dewojati, D. (2010). Wacana Hedonisme : Dalam Sastra Populer Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hanani, S. (2017). Komunikasi Antar Pribadi : Teori dan Praktik. Yogyakarka: AR-RUZ Media Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana
Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Suranto Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syarwani, E. &. (2014). Komunikasi Antar Pribadi : Perilaku Insani Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo
Persada. Karnia, R. N. (2014). Komunikasi Antar Pribadi (Konsep dan Teori Dasar). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Titik Kuntari, M. (2007). Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu Elizabeth B. Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan, Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Artikel Jurnal
Agnes Lestari Nurvitria. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Implusif Pada Mahasiswa Jurusan PPB 2013 FIB UNY.
Azizah, F. N. (2015). Kontrol diri dan gaya hidup hedonis pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro.
Hidayat, P. (2016). Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa, 2–14. Jurnal Psikologi
Kholil. (2016). Proses Penetrasi Sosial pada Pembentukan Relationship Development dalam Menjalin Hubungan Baik. Jurnal Psikologi Meriena
Purwanti, P. A. (2014). Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Remaja Putri (Studi Kasus Komunitas Warung Bumi Ayu, Jalan Gunung Agung, Kota Denpasar)
Putu Ari Purwanti. Ratu Aulia. (2017). Gaya Hidup Hedonis di Kalangan Remaja (Studi Pada Komunitas Mobil LSC 81 Club).
Skripsi
Aini S.T (2014) Proses Penetrasi Sosial pada Pembentukan Relationship. Jurnal Psikologi
Fitriani (2015) Penetrasi Sosial pada Kedekatan Konsumen . Jurnal Sosiologi
Rejeki, S. A. (2013). Jurnal psikologi. Jurnal Psikologi, 40(2), 169–180.Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6975/9440
Sari, D. N. (2015). Perbadan Gaya Hidup Mahasiswa Ditinjau Dari Status Ekonomi dan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Jurusan Manajeman Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.