Main Article Content

Abstract

 Penelitian mengenai “Pengaruh Pelatihan Pendidikan Anti Bullying Terhadap Perubahan Kognitif Pelajar Mengenai Pelaku Bullying Di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu” ini bertujuan untuk perbedaan kognitif pelajar di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu pada kelompok intervensi sebelum diberikan intervensi, menggunakan teori S-O-R(Stimulus-Organism-Response), dengan menggunakan Skala Likert untuk mengukur interval perubahan kognitif pelajar mengenai perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima karena nilai Sig. (2- tailed) < ?. Ini berarti, dari semua data yang telah dianalisis, didapatkan hasil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh perubahan kognitif responden mengenai perilaku bullying di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu

Keywords

Bullying Pelajar Kognitif

Article Details

How to Cite
Anugra, A., & ., Y. (2020). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Anti Bullying Terhadap Perubahan Kognitif Pelajar Mengenai Pelaku Bullying Di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.1.1-10

References

  1. Sumber Buku dan Publikasi :
  2. Astuti, Retno Ponny. 2008. Meredam
  3. Bullying. Jakarta: Grasindo
  4. Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia:
  5. Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:
  6. Pustaka Belajar.
  7. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti
  8. Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
  9. Effendy, O. U. 2003. Ilmu Komunikasi Teori
  10. dan Praktek. Cetakan kesembilan belas.
  11. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Febrianto, Ryan. 2015. Partisipasi Pemuda :
  13. Pentingnya Suara Anak Muda. Laporan
  14. Tahunan UNICEF Indonesia 2015. Jakarta:
  15. Indonesia.
  16. Gladden, R.M., Vivolo-Kantor, A.M.,
  17. Hamburger, M.E., & Lumpkin, C.D. 2014.
  18. Bullying Surveillance Among Youths:
  19. Uniform Definitions for Public Health and
  20. Recommended Data Elements, Version 1.0.
  21. Atlanta, GA: National Center for Injury
  22. Prevention and Control, Centers for Disease
  23. Control and Prevention and U.S. Department
  24. of Education.
  25. ICRW. 2014. Are Schools Safe And Gender
  26. Equal Spaces? Findings From A Baseline Study Of School Related Gender-Based Violence In Five Countries In Asia.
  27. Washington, D.C.
  28. Kohut, Margaret R.. 2007. The Complete
  29. Guide to Understanding, Controlling, and
  30. Stopping Bullies & Bullying: A Complete
  31. Guide for Teachers & Parents. U.S: Atlantic
  32. Publishing Company.
  33. Narimawati, Umi. 2008. Metodologi
  34. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori
  35. dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.
  36. Puguh, Suharsono. 2009. Metode Penelitian
  37. Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta Barat: PT
  38. Indeks.
  39. Riyanto, A.. 2011. Aplikasi Metodologi
  40. Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha
  41. Medika
  42. Rumini, S., Sundari, S.. 2004.
  43. Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta:
  44. PT. Asdi Mahasatya.
  45. Sejiwa. 2008. Mengatasi Kekerasan di
  46. Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: PT
  47. Grasindo
  48. Soedjadi, R.. 2000. Kiat Pendidikan
  49. Matematika Di Indonesia Konstatasi
  50. Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa
  51. Depan. Direktorat Jenderal Pendidikan
  52. Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional:
  53. Jakarta.
  54. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
  55. Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
  56. Alfabeta.
  57. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian
  58. Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
  59. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  60. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
  61. Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  62. Suharsumi, Arikunto. 1998. Prosedur
  63. Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
  64. Jakarta: Rineka Cipta.
  65. Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian
  66. Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.
  67. Jakarta: Bumi Aksara.
  68. Suprihanto. 1988. Penilaian Pelaksanaan
  69. Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan.
  70. Yogyakarta: BPFE.
  71. Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak
  72. Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media
  73. Group.
  74. Trianto. 2010. Model Pembelajaran
  75. Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  76. Twemlow, S.W. & Sacco, F.C. (2008). Why
  77. School Antibullying Programs Don't Work.
  78. UK: Playmouth.
  79. UNICEF. 2018. An Everyday Lesson
  80. #ENDviolence in Schools. Division of
  81. Communication, Programme Division/Child
  82. Protection and Education. New York: USA.
  83. Wharton, Steve. 2009. How to Stop That
  84. Bully. Yogyakarta: Kanisius.
  85. Sumber Skripsi dan Penelitian :
  86. Ariefa, Efianingrum. 2009. Mengurai Akar
  87. Kekerasan (Bullying) di Sekolah. Laporan
  88. Penelitian FSP FIP UNY
  89. Baliyo Ahmad. 2011. Bullying di Sekolah
  90. dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak
  91. Laporan Penelitian FPSB UII Yogyakarta
  92. Fatimah, 2017. Analisis Kebutuhan
  93. Akreditasi Diklat Kepemimpinan Di Pusat
  94. Pengembangan Sumber Daya Manusia
  95. Aparatur. Universitas Pendidikan Indonesia.
  96. Lacey, A. and Cornell, D. 2011. “The
  97. Impact of Bullying Climate on Schoolwide
  98. Academic Performance” Curry School of
  99. Education, University of Virginia, presented
  100. at American Psychological Association
  101. Meeting.
  102. Prasetyo, Teki. 2014. Faktor-Faktor Yang
  103. Mempengaruhi Sikap Pemuda Dalam
  104. Berorganisasi Di Desa Kedaton Ii
  105. Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten
  106. Lampung Timur. Lampung: FKIP UNILA.
  107. Salsabiela, W. 2010. Hubungan Antara Pola
  108. Asuh Authoritative orangtua Dengan Empati
  109. Anak Pada Bystander Bullying. Skripsi.
  110. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
  111. Ulfah, M., Rachmawati, M.A., 2009.
  112. Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan
  113. Kecenderungan Perilaku Bullying. Laporan
  114. Penelitian FPSB UII
  115. Sumber Jurnal :
  116. Dani, Kurniawan. 2018. Komunikasi Model
  117. Laswell Dan Stimulus-Organism-Response
  118. Dalam Mewujudkan Pembelajaran
  119. Menyenangkan. Magister Ilmu Komunikasi
  120. Universitas Sebelas Maret. Jurnal
  121. Komunikasi Pendidikan, Vol2 No1
  122. Flynt, S.W. and Morton, R.C.. 2006. Albama
  123. Elemtary Principals Perception of Bullying.
  124. Education 2.
  125. Sumber Data Pemerintah :
  126. Anonim. 2016. Jumlah Korban Kekerasan
  127. Menurut Jenis Kekerasan di Provinsi
  128. Bengkulu. Dinas Pengendalian Penduduk
  129. dan Keluarga Berencana(DPP-KB)
  130. kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.