Main Article Content

Abstract

 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai EMoney terhadap perilaku penggunaan aplikasi DANA. Penelitian ini dilakukan di Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bengkulu angkatan 2016, 2017, 2018, 2019 yang menggunakan aplikasi DANA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 56 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Mahasiswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan aplikasi DANA dibuktikan dengan uju signifikan parsial (uji t) dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,000<0,05 itu menunjukkan bahwa maka H0 ditolak dan Ha diterima dan nilai thitung 9,708 ? ttabel 2,00488. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel persepsi mahasiswa mengenai E-Money terhadap perilaku pengunaan aplikasi DANA. Perilaku pengunaan aplikasi DANA dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi manfaat dan kemudahan.

Keywords

Persepsi Mahasiswa E-Money Perilaku Penggunaan Aplikasi DANA

Article Details

Author Biography

Eka Vuspa Sari, Universitas Bengkulu

 
How to Cite
Diani, E. U., ., Y., & Sari, E. V. (2020). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai E-Money Terhadap Pelaku Pengguna Aplikasi Dana (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 4(2), 40–47. https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.2.40-47

References

  1. Buku
  2. Kriyantono, Rachmat.2008. Teknik Praktis
  3. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
  4. Prenada Media Group
  5. Pohan, Aulia. 2011. Sistem Pembayaran
  6. Strategi dan Implementasi Di
  7. Indonesia. Jakarta : PT Raja
  8. Grafindo Persada
  9. Priansa, Donni. 2017. Perilaku Konsumen
  10. Dalam Persaingan Bisnis
  11. Kontemporer. Bandung: Alfabeta
  12. Purwanto, Erwan. 2011. Metode Penelitian
  13. Kuantitatif. Yogyakarta : Gava
  14. Media
  15. Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013.
  16. Perilaku Konsumen – Pendekatan
  17. Praktis Disertai Himpunan Jurnal
  18. Penelitian. Yogyakarta: Andi
  19. Offset
  20. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
  21. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  22. Bandung : Alfabeta
  23. Sumarwan, Ujang. 2017. Perilaku
  24. Konsumen Teori dan
  25. Penerapannya Dalam Pemasaran.
  26. Bogor : Ghalia Indonesia
  27. Walgito, Bimo. 1989. Pengantar Psikologi
  28. Umum. Yogyakarta: Andi Offset,
  29. Edisi Revisi
  30. Skripsi dan Jurnal
  31. Andryanto, Reza. 2016. Pengaruh
  32. Kepercayaan, Persepsi Manfaat,
  33. dan Persepsi Kemudahan
  34. Penggunaan Terhadap Minat Beli
  35. di Toko Online. Yogyakarta (ID):
  36. Universitas Negeri Yogyakarta.
  37. Dipublikasikan (Diunduh pada
  38. Januari 22)
  39. Diana, Nur. 2018. Analisis Faktor-Faktor
  40. Yang Mempengaruhi Minat
  41. Penggunaan Electronic Money Di
  42. Indonesia. Universitas Islam
  43. Indonesia Yogyakarta. (Diunduh
  44. pada 2019 Oktober 03)
  45. Ginting, Marissa. 2019. Pengaruh Persepsi
  46. Masyarakat Dan Efisiensi Dalam Bertransaksi Terhadap Minat
  47. Penggunaan Ulang E-Money (Studi
  48. Pada Kaum Milenial Pengguna
  49. OVO Pay di Plaza Medan Fair).
  50. Sumatera Utara: Universitas
  51. Sumatera Utara. (Diunduh pada
  52. September 27)
  53. Khafiyah, Nurits Nadia. 2019. Pengaruh
  54. Persepsi Mahasiswa Mengenai
  55. Uang Elektronik Terhadap Minat
  56. Menggunakan Aplikasi OVO (Studi
  57. pada Mahasiswa Jurusan
  58. Pendidikan IPS UIN Syarif
  59. Hidayatullah Jakarta). Jakarta:
  60. Universitas Islam Negeri Syarif
  61. Hidayatullah Jakarta.
  62. Dipublikasikan (Diunduh pada
  63. September 25)
  64. Nur, .M. Fadli . 2013. E-Money : Solusi
  65. Transaksi Mikro Modern. [Jurnal] ;
  66. Tangerang Selatan (ID): Sekolah
  67. Tinggi Akutansi Negara.
  68. Dipublikasikan ; [Diunduh pada
  69. September 29].
  70. Usman, Rachmadi. 2017. Karakteristik
  71. Uang Elektronik dalam Sistem
  72. Pembayaran (Vol. 32, No. 1).
  73. (Diunduh 8 September 2019 )
  74. Sumber dari Internet
  75. Annur, Cindy Mutia, Setyowati Desy. 2019.
  76. Naik 50% Sejak Awal Tahun,
  77. DANA Gaet 15 Juta Pengguna
  78. Aktif. Katadata.co.id [Artikel].
  79. https://katadata.co.id/berita/2019
  80. /05/22/naik-50-sejak-awal-tahundana-gaet-15-juta-pengguna-aktif
  81. (Diunduh pada 2019 Oktober 02)
  82. Bank Indonesia. 2006. Kajian Operasional
  83. E-money. Laporan Kajian Bank
  84. Indonesia. Bank Indonesia.
  85. website:bi.go.id (Diunduh pada
  86. Oktober 08)
  87. Idris, Muhammad. 2019. Riset Ini Ungkap
  88. Aplikasi Pembayaran Digital
  89. Favorit Konsumen. detikinet
  90. [Artikel].
  91. https://inet.detik.com/cyberlife/d4629663/riset-ini-ungkapaplikasi- pembayaran-digitalfavorit-konsumen ; [Diunduh pada
  92. September 29]