Main Article Content

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perilaku “ Panic Buying “ dari Ibu-Ibu di kompleks Perumahan Bumi Endah Pratama yang terletak di Desa Taba Jambu Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode purposif sampling atau sampel bertujuan. Dimana informan penelitian dipilih Ibu_Ibu berdasarkan jenis pekerjaan dan tingkat pendidikan yang dia miliki serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Observasi dan wawancara. Kemudian dari hasil penelitian yang diperoleh setelah dilakukan Observasi dan Wawancara, maka diperoleh hasil penelitian bahwa hampir semua Ibu-Ibu di kompleks perumahan ini mengikuti informasi tentang isu Covid-19. Sedangkan media yang paling banyak mereka gunakan adalah media televisi dan sedikit melalui media sosial. Terkait dengan isu kenaikan harga barang dipasaran yang diekspos melalui media, terutama media sosial kebanyakan mereka juga mengikutinya, hanya saja disaat ditanyakan sikap mereka terhadap isu penimbunan barang kebutuhan pokok yang banyak dilakukan oleh orang tertentu mereka tidak menyukainya bahkan menganggap bahwa perilaku seperti itu tidak baik. Begitu pula saat ditanyakan apakah Informan akan mengikutinya, hampir semua informan tidak setuju dan tidak akan mengikutinya. Karena menurut mereka bahwa perilaku seperti itu bukanlah perilaku yang baik bahkan menyengsarakan orang lain. Banyak cara menurut mereka yang bisa ditempuh misalnya berhemat atau tanam disekitar rumah untuk mengurangi biaya belanja sehari-hari

Keywords

Kecemasan Perilaku “ Panic Buying “ dan Terpaan Informasi

Article Details

How to Cite
Marwan, A., & Putra, D. E. (2021). SURVEY TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT DALAM BENTUK PERILAKU “ PANIC BUYING “ AKIBAT TERPAAN INFORMASI ISU COVID 19 ( Study Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kompleks Perumahan Bumi Indah Pratama Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.1.21-28

References

  1. Aboujaoude E dan V. Stracevic, ( 2015 ) Mental Health in the Digital Age, Oxford : Oxford
  2. University Press
  3. Belzer K.D. Mc. Kee M.B, Liebowitz M.R ( 2005 ) “ Social Anxiety Current Perspectives on
  4. Diagnosis and Teratment, Primary Psychiaty
  5. Beide D.C & Tunner S.M ( 2007 ) Shy Children, phobia adults Nature and Treatment and
  6. Social Anxiety Disorder.
  7. Effendi, Sofian. ( 2012 ).Metode Penelitian Survei.Jakarta:LP3ES
  8. Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan
  9. Kedua Puluh Dua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  10. Mulyana, Deddy. ( 2007 ). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja
  11. Rosdakarya
  12. Mulyana, Deddy. ( 2011 ).Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.
  13. Rakhmat, Jalaludin. ( 2018 ). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi: Remaja Rosda Karya
  14. Bandung.
  15. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
  16. Sugiyono.( 2008 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :
  17. Alfabeta
  18. Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
  19. Walgito, Bimo. ( 1990 ). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.