Main Article Content

Abstract



Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deksriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar foto dan sebagainya. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, dengan cara memeriksa data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) oleh Wilbur Schramm. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis daya tarik iklan pop-up dalam kalangan mahasiswa. Ketertarikan untuk menonton iklan pop-up muncul ketika iklan yang tayang memiliki unsur – unsur yang dapat menangkap perhatian dari mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah iklan tersebut berhasil mendapatkan perhatian, maka secara otomatis mahasiswa memiliki ketertarikan terhadap apa yang diiklankan lalu melanjutkan tahapan selanjutnya seperti menunjukkan keinginan, membuat keputusan, lalu melakukan tindakan.

Keywords

AIDDA Iklan pop-up Daya Tarik

Article Details

How to Cite
Pratama, D. R., & Gushevinalti, . (2021). ANALISIS DAYA TARIK IKLAN POP-UP YOUTUBE DI KALANGAN MAHASISWA. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.1.39-48

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur
  2. Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.
  3. Jakarta : Rineka Cipta.
  4. Bungin, Burhan. 2017. Metodologi
  5. Penelitian Kualitatif. Depok : Rajawali Pers.
  6. Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori
  7. dan Filsafat Komunikasi. Bandung :PT Citra
  8. Aditya Bakti.
  9. Kriyantono, Rachmat. 2013. Manajemen
  10. Periklanan Teori dan Praktek, Malang:
  11. Universitas Brawijaya Press.
  12. Mc Quail, Dennis. 2000. Mass
  13. Communication Theory (Teori Komunikasi
  14. Massa). Jakarta : Erlangga.
  15. Mc Quail, Dennis. 2002. Mc Quail’s
  16. Communication Theory. London: Sage
  17. Publications.
  18. Moriarty, Sandra. 2011. Advertising.
  19. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  20. Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, William
  21. Wells. 2015. Advertising & IMC Principles
  22. & Practice Ninth Edition. London : Pearson
  23. Education Limited.
  24. Morrisan. 2010. Periklanan Komunikasi
  25. Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana.
  26. Morrisan. 2014. Periklanan: Komunikasi
  27. Pemasaran Terpadu Edisi Pertama. Jakarta:
  28. Prenamedia Group.
  29. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode
  30. Penelitian Pendidikan, Bandung : PT.
  31. Remaja Rosdakarya.
  32. Suyanto. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi
  33. Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta :
  34. Andi.
  35. Solomon, Michael R. 2011. Consumer
  36. Behavior (Buying, Having, and Being).New
  37. Jersey: Pearson.
  38. Sugiono. 2010. Metode Penelitian
  39. Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
  40. Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV.
  41. Alfabeta.
  42. Sugiono. 2014. Metode Penelitian
  43. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :
  44. CV. Alfabeta.