Main Article Content

Abstract



Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Air Terjun Curug 9, dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Air Terjun Curug 9 merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Provinsi Bengkulu. Tepatnya berada di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dekripstif, Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan teori bauran pemasaran (marketing mix), maka dapat dilihat bahwa strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Air Terjun curug 9 adalah dengan berupaya untuk meningkatkan dan memperbaiki komponen-komponen yang berkaitan dengan bauran pemasaran yaitu pada produk, harga, tempat dan juga promosinya. Pengelola berupaya untuk mengelola keindahan pada objek wisata Air Terjun Curug 9 dan menyediakan produk wisata lainnya dan juga memberikan harga yang relatif cukup murah bagi pengunjunjung. Pengelola berusaha untuk memperbaiki fasilitas dan juga mengembangkan saluran distribusinya. Pada strategi promosi pengelola menggunakan media advertising, personal selling, dan public relations. Selain itu, pada pelaksanaan strategi tersebut terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung yang muncul. Faktor penghambat dan pendukung tersebut berkaitan dengan daya tarik yang dimiliki, fasilitas yang ada dan juga kurangnya SDM yang handal.

Keywords

Strategi Komunikasi Pariwisata Objek Wisata Air Terjun Curug 9 Wisatawan Marketing Mix

Article Details

How to Cite
Alfiana, V. D., & Yuliati. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA PADA OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Objek Wisata Air Terjun Curug 9, Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.1.69-78

References

  1. Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata: Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta:
  2. Prenada Media Kencana Group
  3. Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka
  4. Pelajar
  5. Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset