Main Article Content

Abstract



Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui relasi wanita dan pria dalam sebuah lirik lagu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiologi Roland Barthes untuk melihat pemaknaan simbol-simbol melalui dua tahap, yaitu denotasi dan konotasi dengan objek penelitian adalah 10 bait dalam lirik lagu “Hey Ladies” serta menggunakan konsep relasi kuasa sebagai landasan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka, wawancara, dam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu ini menggambarkan perempuan yang sudah lelah berada di posisi sebagai korban, sehingga makna yang terkandung dalam lagu ini memberikan anggapan bahwa perempuan adalah manusia yang lemah karena mudah untuk dibohongi dan selalu mengambil jalan menangis sebagai penyelesaian masalah sehingga sejalan dengan unsur budaya patriarki yang menganggap bahwa perempuan adalah makhluk subordinat.

Keywords

lirik lagu semiologi roland barthes relasi kuasa relasi perempuan dan lakilaki

Article Details

How to Cite
Alfiandi, O., Budiman, D. A., & Makhrian, A. (2021). Representasi Relasi Perempuan dan Laki-laki Dalam Lirik Lagu “Hey Ladies” (Studi Semiologi Roland Barthes). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.2.131-138

References

  1. Buku :
  2. Barthes, Roland. 2017. Elemen-Elemen
  3. Semiologi. (Buku). Terjemahan
  4. oleh Adriansyah, M. Yogyakarta:
  5. BASABASI
  6. Hall, Stuart. 2003. Representation :
  7. Cultural Representations and
  8. Signifying Practices. London :
  9. SAGE Publications
  10. Rahayu, W. 2018. Mengenal Seni Musik
  11. dan Lagu. (Buku). Jakarta PT.
  12. Glory Offset Press
  13. Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi.
  14. (Buku). Bandung: PT Remaja
  15. Rosdakarya
  16. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
  17. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  18. (Buku). Bandung: Alfabeta
  19. Skripsi dan Jurnal :
  20. Agristian, Krisna. 2020. Representasi
  21. Masculine Domination dalam
  22. Film “Posesif”. (Skripsi).
  23. Bengkulu. Universitas Bengkulu
  24. Akbarullah, H, A. (2016). Konstruksi
  25. Perempuan dalam Lirik Lagu
  26. Animals Karya Maroon 5
  27. (Sebuah Studi Semiotika Roland
  28. Barthes). (Karya Ilmiah).
  29. Bandung. Universitas Telkom.
  30. Dipublikasikan
  31. Asmari, Ratna (2017). Perempuan dalam
  32. Prespektif Kebudayaan. (Jurnal).
  33. Semarang. Universitas
  34. Diponegoro
  35. Cemara. (2020). Pemaknaan Lirik Lagu
  36. “Lebih Dari Egoku” Mawar Eva
  37. De Jongh Dalam Perspektif
  38. Gender. (Skripsi). Bengkulu.
  39. Universitas Bengkulu.
  40. Mariyanto, T., & Jacky, M .(2014).
  41. MITOS DAN KRITIK DALAM
  42. IKLAN 3 (Analisis Semiologi
  43. Roland Barthes terhadap Mitos
  44. Kritis Iklan 3
  45. Indie). Paradigma, 2(3).Dipublika
  46. sikan
  47. Mudhoffir, Abdil Mughis.Teori
  48. Kekuasaan Michel Fucolt:
  49. Tantangan Bagi Sosiologi Politik.
  50. Jurnal. Dipublikasikan
  51. Rahayu, Angger Wiji. (2015). Perempuan
  52. dan Belenggu Peran Kultural.
  53. Jurnal. Dipublikasikan
  54. Surahman, Sigit. (2014). Representasi
  55. Perempuan Metropolitan dalam
  56. Film 7 Hati Cinta 7 Wanita.
  57. (Jurnal). Banten. Universitas
  58. Serang Raya. Dipublikasikan
  59. Sumber Lain atau Sumber Internet :
  60. Amel. (2018, 24 Ags). Seniman Ika
  61. Vantiani Pertanyakan Definisi
  62. Kata Perempuan. Magdalene.co.
  63. Diakses melalui
  64. https://magdalene.co/story/senima
  65. n-ika-vantiani-pertanyakandefinisi-kata-perempuan Pada 27
  66. Des 2020
  67. Atikahanaf. (2018). Mengembalikan
  68. Makna Kata “Perempuan”.
  69. Amanat.id. Diakses melalui
  70. https://amanat.id/mengembalikanmakna-kata-perempuan/ Pada 28
  71. Des 2020
  72. Kurniawan, Aris. (2020, 25 Des).
  73. Pengertian Semiotika –
  74. Penelitian, Elemen, Analisis,
  75. Teori, Para Ahli.
  76. Gurupendidikan.co.id. Diakses
  77. melalui
  78. https://www.gurupendidikan.co.id
  79. /semiotika/Pada 26 Des 2020.