Main Article Content

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pariwisata melalui Promotion Mix yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara pada objek wisata Air Terjun Palak Siring untuk mendukung Pembangunan Daerah. Penelitian ini menggunakan teori Promotion Mix. Data penelitian ini diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap 7 informan, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara adalah melalui berbagai variabel promosi diantaranya yaitu periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Namun ada hal yang menjadi permasalahan pada strategi promosi pariwisatanya yakni tidak ada dana anggaran yang diberikan pemerintah untuk mengembangkan potensi pariwisata pada objek wisata Air Terjun Palak Siring Kemumu, pemasaran langsung juga belum terlaksana dengan optimal.

Keywords

Strategi Promosi Pariwisata Pembangunan Daerah

Article Details

Author Biography

Tantri Suhrini, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu

 
How to Cite
Suhrini, T., Adhrianti, L., & Sari, E. V. (2021). Strategi Promosi Pariwisata Air Terjun Untuk Mendukung Pemangunan Daerah (Studi Pada Wisata Air Terjun Palak Siring, Kelurahan KemumuKecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.2.139-148

References

  1. Adiyanto, Yoga dan Supriatna, Yuda.
  2. Analisis Strategi Promosi
  3. Dalam Pengembangan Pariwisata
  4. Di Kabupaten Lebak Banten.
  5. Jurnal Sains Manajemen Volume.
  6. No. 2
  7. Arsyad, L. (1999) Pengantar Perencanaan
  8. dan Pembangunan Ekonomi
  9. Daerah, Edisi Pertama, BPFE,
  10. Yogyakarta.
  11. Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi
  12. Pariwisata: Pemasaran dan Brand
  13. Destinasi. Jakarta: Prenada Media
  14. Kencana Group
  15. Chamdani, Usman. 2018. Komunikasi
  16. Dalam Pembangunan Destinasi
  17. Pariwisata. Yogyakarta:
  18. Deepublish
  19. Erisman, Afri dan Azhar, Andi. 2015.
  20. Manajemen Strategi. Yogyakarta:
  21. Deepublish
  22. Herlambang, Susatyo. 2014 Basic
  23. Marketing (Dasar-dasar
  24. Pemasaran) Cara Mudah
  25. Memahami Ilmu Pemasaran.
  26. Yogyakarta: Gosyen Publishing
  27. Moleong, Lexi J. 2015. Metode Penelitian
  28. Kualitatif. Bandung: Remaja
  29. Rosdakarya
  30. Penasumatra.co.id. 2017. Objek Wisata
  31. Siring Kemumu Bengkulu Utara,
  32. Mulai Dipadati Pengunjung.
  33. (https://penasumatera.co.id/objek-wisata--siring- kemumu-bengkuluutara-mulai-dikerumunipengunjung/, diakses pada 27 Juni
  34. Ridho, Muhammad Haqqir. 2018. Strategi
  35. Komunikasi Duta Wisata Dalam
  36. Mempromosikan Pariwisata Di
  37. Kabupaten Gresik. Skripsi Sarjana
  38. Ilmu Komunikasi Universitas
  39. Islam Negeri Sunan Ampel
  40. Surabaya
  41. Senoaji, Gunggung dan Cahyadinata,
  42. Indra. 2019. Analisis Potensi
  43. Objek dan Daya Tarik Wisata
  44. (ODTW) di Kabupaten Bengkulu
  45. Utara. Argamakmur: Dinas
  46. Pariwisata Kabupaten Bengkulu
  47. Utara
  48. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
  49. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  50. Bandung: Alfabeta