Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pariwisata melalui Promotion Mix yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara pada objek wisata Air Terjun Palak Siring untuk mendukung Pembangunan Daerah. Penelitian ini menggunakan teori Promotion Mix. Data penelitian ini diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap 7 informan, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara adalah melalui berbagai variabel promosi diantaranya yaitu periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Namun ada hal yang menjadi permasalahan pada strategi promosi pariwisatanya yakni tidak ada dana anggaran yang diberikan pemerintah untuk mengembangkan potensi pariwisata pada objek wisata Air Terjun Palak Siring Kemumu, pemasaran langsung juga belum terlaksana dengan optimal.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 Tantri Suhrini, Lisa Adhrianti, Eka Vuspa Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jurnal KAGANGA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
1. Lisensi
Penggunaan artikel ini akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini ditampilkan pada Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jurnal KAGANGA: Ilmu Ilmu Sosial dan Humaniora adalah semangat untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, Jurnal KAGANGA memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan pekerjaan hanya untuk tujuan komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Jurnal KAGANGA untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memiliki hak-hak berikut:
Hak cipta, dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan, termasuk ceramah dan buku, Hak untuk mereproduksi artikel untuk tujuan sendiri, Hak untuk mandiri arsipkan artikel tersebut, hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (mis., mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora).
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulisnya tentang ketentuan persetujuan ini.
6. Pengakhiran
Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora setelah pemberitahuan dua bulan di mana pihak lain secara material telah melanggar perjanjian ini dan gagal untuk memperbaiki pelanggaran tersebut dalam waktu sebulan setelah diberikan pemberitahuan oleh pihak yang mengakhiri. meminta pelanggaran tersebut untuk diatasi. Tidak ada pelanggaran atau pelanggaran perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di dalamnya untuk berakhir secara otomatis atau mempengaruhi definisi Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora
7. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan setiap penggunaan artikel oleh Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora atau sublisensi-nya.
8. Lain-lain
Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora akan menerbitkan artikel (atau menerbitkannya) di jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan dan Jurnal KAGANGA atau sublisensi-nya telah berkewajiban untuk memiliki artikel yang diterbitkan. Jurnal KAGANGA dapat mengkonfirmasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca.
References
- Adiyanto, Yoga dan Supriatna, Yuda.
- Analisis Strategi Promosi
- Dalam Pengembangan Pariwisata
- Di Kabupaten Lebak Banten.
- Jurnal Sains Manajemen Volume.
- No. 2
- Arsyad, L. (1999) Pengantar Perencanaan
- dan Pembangunan Ekonomi
- Daerah, Edisi Pertama, BPFE,
- Yogyakarta.
- Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi
- Pariwisata: Pemasaran dan Brand
- Destinasi. Jakarta: Prenada Media
- Kencana Group
- Chamdani, Usman. 2018. Komunikasi
- Dalam Pembangunan Destinasi
- Pariwisata. Yogyakarta:
- Deepublish
- Erisman, Afri dan Azhar, Andi. 2015.
- Manajemen Strategi. Yogyakarta:
- Deepublish
- Herlambang, Susatyo. 2014 Basic
- Marketing (Dasar-dasar
- Pemasaran) Cara Mudah
- Memahami Ilmu Pemasaran.
- Yogyakarta: Gosyen Publishing
- Moleong, Lexi J. 2015. Metode Penelitian
- Kualitatif. Bandung: Remaja
- Rosdakarya
- Penasumatra.co.id. 2017. Objek Wisata
- Siring Kemumu Bengkulu Utara,
- Mulai Dipadati Pengunjung.
- (https://penasumatera.co.id/objek-wisata--siring- kemumu-bengkuluutara-mulai-dikerumunipengunjung/, diakses pada 27 Juni
- Ridho, Muhammad Haqqir. 2018. Strategi
- Komunikasi Duta Wisata Dalam
- Mempromosikan Pariwisata Di
- Kabupaten Gresik. Skripsi Sarjana
- Ilmu Komunikasi Universitas
- Islam Negeri Sunan Ampel
- Surabaya
- Senoaji, Gunggung dan Cahyadinata,
- Indra. 2019. Analisis Potensi
- Objek dan Daya Tarik Wisata
- (ODTW) di Kabupaten Bengkulu
- Utara. Argamakmur: Dinas
- Pariwisata Kabupaten Bengkulu
- Utara
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
- Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
- Bandung: Alfabeta
References
Adiyanto, Yoga dan Supriatna, Yuda.
Analisis Strategi Promosi
Dalam Pengembangan Pariwisata
Di Kabupaten Lebak Banten.
Jurnal Sains Manajemen Volume.
No. 2
Arsyad, L. (1999) Pengantar Perencanaan
dan Pembangunan Ekonomi
Daerah, Edisi Pertama, BPFE,
Yogyakarta.
Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi
Pariwisata: Pemasaran dan Brand
Destinasi. Jakarta: Prenada Media
Kencana Group
Chamdani, Usman. 2018. Komunikasi
Dalam Pembangunan Destinasi
Pariwisata. Yogyakarta:
Deepublish
Erisman, Afri dan Azhar, Andi. 2015.
Manajemen Strategi. Yogyakarta:
Deepublish
Herlambang, Susatyo. 2014 Basic
Marketing (Dasar-dasar
Pemasaran) Cara Mudah
Memahami Ilmu Pemasaran.
Yogyakarta: Gosyen Publishing
Moleong, Lexi J. 2015. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Penasumatra.co.id. 2017. Objek Wisata
Siring Kemumu Bengkulu Utara,
Mulai Dipadati Pengunjung.
(https://penasumatera.co.id/objek-wisata--siring- kemumu-bengkuluutara-mulai-dikerumunipengunjung/, diakses pada 27 Juni
Ridho, Muhammad Haqqir. 2018. Strategi
Komunikasi Duta Wisata Dalam
Mempromosikan Pariwisata Di
Kabupaten Gresik. Skripsi Sarjana
Ilmu Komunikasi Universitas
Islam Negeri Sunan Ampel
Surabaya
Senoaji, Gunggung dan Cahyadinata,
Indra. 2019. Analisis Potensi
Objek dan Daya Tarik Wisata
(ODTW) di Kabupaten Bengkulu
Utara. Argamakmur: Dinas
Pariwisata Kabupaten Bengkulu
Utara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta