Main Article Content

Abstract


  • Brand journalism merupakan cara berkomunikasi yang kontemporer untuk sebuah Brand. Perusahaan Unilever menggunakan brand journalism untuk menjadi penerbit brand nya sendiri karna pada Website Unilever itu sendiri memiliki banyak cerita untuk diceritakan dan cerita itu bisa menjadi alat untuk menjalin hubungan akrab dengan pelanggan. Pada brand journalism harus bisa menguasai dan mengerti media online agar dapat berinteraksi dengan mudah kepada publik, dengan cara membuat konten, menggunakan fotografi, serta skllis sesuai dengan materi jurnalistik dan mendistibusikan brand journalism dengan audiens nya. Pada perusahaan Unilever tidak menggunakan konten untuk menjual tetapi konten yang dimunculkan lebih banyak mengandung informasi. Tujuan dari skripsi ini adalah Untuk mengetahui penerapan brand journalism pada Website perusahaan Unilever. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Pada konten perusahaanunilever terdapat cerita perusahaan dan nilai nilai jurnalism, pada cerita perusahaan khususnya pada artikel mengandung brand journalism yang terdapat beberapa unsur yaitu unsur yang menarik, unsur kreatif yang sesuai dengan skenario, unsur storytelling, dan unsur softselling dan Nilai nilai jurnalisme yang mengandung pada artikel yang di analisis berupa kebaruan (newness), akibat (Impact), aktual (timeliness), kedekatan (proximity), information (information), konflik (conflict), dan keterkaitan manusiawi (human inters).


Kata Kunci: brand journalism, Website perusahaan, konten, perusahaan Unilever.

Article Details

How to Cite
Nurfadullah, L., Widiastuti, W., & Sari, E. V. (2022). ANALISIS PENERAPAN BRAND JOURNALISM PADA WEBSITE PERUSAHAAN UNILEVER. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 6(2), 108–117. https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.2.108-117