Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi, hambatan dan dampak dari strategi komunikasi yang diterapkan guru SD SAB Mahira dalam mengimplementasikan pendidikan karakter kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui observasi partisipan pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa SAB Mahira memiliki empat strategi dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik, yaitu strategi quantum teaching, strategi komunikasi interaksi, strategi media pembelajaran dan strategi metode. Pada strategi komunikasi quantum teaching,suasana belajar dibuat menyenangkan. Siswa diajak mengalami secara langsung ilmu yang mereka pelajari. Pada strategi komunikasi interaksi, siswa dan guru memiliki kedudukan seimbang sebagai komunikan dan komunikator. SAB Mahira juga menggunakan alam sebagai
media pembelajaran serta menggunakan metode hapalan, pembiasaan diri dan hukuman sebagai metode dalam menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Selain itu terdapat hambatan dalam menanamkan pendidikan karakter yang berasal dari internal, yaitu kefokusan siswa yang kurang, dan hambatan eksternal, yaitu pola asuh orang tua yang kurang singkron dengan guru di sekolah dikarenakan orang tua siswa sebagian besar merupakan orang tua yang sibuk. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi yang digunakan SAB Mahira berdampak positif terhadap perkembangan prilaku siswa.


Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pendidikan Karakter, Sekolah Alam Bengkulu
Mahira

Article Details

How to Cite
Sari, R. P., Saragih, R. B., & Yuliati. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER: (Studi Kasus Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Sekolah Alam Bengkulu Mahira). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(1), 79–87. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.1.79-87