Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Radio Artha 103,7 FM Bengkulu dalam melakukan penyusunan strategi program dan pemilihan media agar tetap eksis dikalangan pendengar dan kliennya di era digital ini. Untuk melihat bagaimana strategi komunikasi Radio Artha 103,7 FM Bengkulu dalam mempertahankan eksistensi di era digital peneliti dengan menggunakan metode studi kasus instrumental menurut konsep Stake. Berdasarkan hasil dari penelitian ini Radio Artha 103,7 FM Bengkulu melakukan strategi penyusunan pesan siaran yang dilakukan Radio Artha dengan cara menentukan terlebih dahulu aspek penyiarannya lalu memprodukusi program acara yang mengusung tema kearifan lokal. Website, radio streaming, dan media sosial digunakan oleh Radio Artha sebagai media komunikasi tambahan selain siaran konvensional untuk mempertahankan eksistensinya di era digital, dengan menggunakan strategi tersebut dihasilkan peningkatan jumlah pendengar dan pengiklan.


Kata Kunci : Strategi komumikasi, strategi program, pemilihan media komunikasi, eksistensi

Article Details

How to Cite
Anandari, N., & Pramonojati, T. A. (2022). STUDI KASUS STRATEGI KOMUNIKASI RADIO ARTHA 103,7 FM BENGKULU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 6(2), 162–172. https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.2.162-172