Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola komunikasi yang digunakan oleh relawan pada proses pembelajaran di HOME Human Initiative Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ditentukan melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses pembelajaran di
HOME Human Initiative terdiri dari pola komunikasi satu arah sebagai aksi, pola komunikasi dua arah sebagai interaksi dan pola komunikasi multi arah sebagai transaksi, ketiga pola komunikasi digunakan dan memiliki fungsi yang berbeda-beda disetiap penggunaannya. Faktor-faktor yang membuat anak-anak tertarik mengikuti pembelajaran tambahan di HOME ialah suasana belajar yang menyenangkan, berbagai program menarik yang tidak terdapat
disekolah dan fasilitas yang memadai. Hambatan yang didapati oleh anak-anak ialah fasilitas yang terbatas dan hambatan yang didapati oleh relawan ialah kekurangan tenaga pengajar, namun hambatan tersebut tidak menghentikan proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Proses Pembelajaran, Home Initiative

Article Details

How to Cite
Lorenza, D., Hadiprashada, D., & Indiarma, V. (2022). Pola Komunikasi Relawan Pada Proses Pembelajaran di Home Human Initiative Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 6(2), 90–97. https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.2.90-97