Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan kesan oleh creators TikTok Bengkulu dalam membangun personal branding. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori pengelolaan kesan (impression management theory) dengan berakar dari dua cakupan yang terdiri dari presentasi diri dan pengelolaan identitas sosial. Personal branding adalah bagaimana kita memasarkan diri pada orang lain secara terstruktur (Ganiem, 2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa para creators TikTok Bengkulu melakukan pengelolaan kesan melalui diferensiasi yang dimiliki guna membangun personal branding dengan mengunggah konten video dan mengharapkan umpan balik dari pengikut. Kemudian, kategori kelompok rata-rata usia remaja menjadi sasaran dan mendapatkan keuntungan dari personal branding yang dibangun.


Kata Kunci: Personal Branding, TikTok, Creators TikTok, Pengelolaan Kesan

Article Details

How to Cite
Sibagariang, T. J., Widiastuti, W., & Makhrian, A. (2022). Strategi Pengelolaan Kesan Dalam Membangun Personal Branding Oleh Creators Tiktok Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 6(2), 137–144. https://doi.org/10.33369/jkaganga.6.2.137-144