Main Article Content

Abstract

Literasi Digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, menciptakan, dan mengkomunikasikan informasi, yang membutuhkan keterampilan kognitif dan teknis. Literasi dilakukan karena pesatnya perkembangan teknologi digital, disertai dengan kemudahan mengakses informasi dalam berbagai bidang pengetahuan. Namun tidak semua warga digital mempunyai kecakapan menerima informasi dengan kritis. Informasi yang beredar di dunia digital belum semua mengandung kebenaran. Ini disebabkan masih rendahnya giat literasi digital, termasuk pada guru perempuan. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan dan menganalisa kompetensi literasi digital guru perempuan di Kota Bengkulu ditinjau dari 8 kompetensi literasi digital Tular Nalar dan tiga aspek berpikir kritis model komunikasi literasi digital tular nalar yaitu level tahu, tanggap dan tangguh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa 8 kompetensi literasi digital guru perempuan di Kota Bengkulu melalui program Tular Nalar Mafindo, terdiri dari mengakses, mengelola informasi, mendesain pesan, memperoleh informasi, berbagi pesan, membangun ketangguhan diri, perlindungan data dan kolaborasi, telah dimiliki dan telah mencapai pada jenjang berpikir kritis model komunikasi literasi digital tular nalar Mafindo, yaitu level Tahu, Tanggap dan Tangguh.  Guru perempuan dapat menerapkan aspek berpikir kritis dalam komunikasi di media digital mulai dari mengakses dan mengoperasikan media digital. Mampu mengelola informasi, mendesain, berbagi pesan, membangun ketangguhan diri di media sosial dan dapat membedakan kebenaran informasi dan hoaks dengan dilakukannya literasi digital, sehingga membuat guru perempuan pada awalnya belum tahu menjadi tahu, yang tahu menjadi lebih tahu.


 

Article Details

How to Cite
Fonika, Gushevinalti, & Adhrianti, L. (2024). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru Perempuan di SMP NEGERI 1 dan SMA NEGERI 5 Kota Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 8(2), 116–125. https://doi.org/10.33369/jkaganga.8.2.116-125