Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengekplorasi tentang motivasi belajar peserta program Pendidikan Perempuan di PKBM Tabah Kota Bengkulu dengan komunikasi persuasif tutor, didasarkan pada teori SelfDetermination. Melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor di PKBM Tabah menerapkan strategi komunikasi persuasif secara efektif untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta. Mereka menggunakan ethos, pathos, dan logos untuk membangun kepercayaan, menginspirasi secara emosional, dan memberikan dasar logis bagi pembelajaran serta mendukung kebutuhan self-determination peserta. Tutor juga memberikan ruang otonomi, membantu
mengembangkan kompetensi, dan membangun hubungan sosial yang kuat. Namun, penelitian juga mengidentifikasi hambatan internal seperti kurangnya motivasi dan kesulitan memahami materi, serta hambatan eksternal seperti stigma masyarakat dan keterbatasan lapangan kerja bagi
perempuan. Penting bagi pihak terkait untuk mengatasi hambatan tersebut agar program ini dapat memberikan manfaat optimal dan mencapai tujuan yang ditetapkan. Komunikasi persuasif tutor dan upaya mengatasi hambatan ini memiliki peran penting dalam membangun motivasi belajar peserta program Pendidikan Perempuan di PKBM Tabah Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Anggitha, N. P. (2024). Komunikasi Persuasif Tutor Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Program Pendidikan Perempuan Di PKBM Tabah Kota Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 8(2), 136–146. https://doi.org/10.33369/jkaganga.8.2.136-146