Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perilaku altruism digital pada pengguna twitter terhadap fenomena twit twitter please do your magic. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yang menyesuaikan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang menggunakan jenis data primer yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta data sekunder yang ditemukan dalam buku, jurnal, artikel, skripsi dan penelitian terdahulu untuk melengkapi data dan mendukung asumsi yang dibutuhkan berdasarkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi menurut Stanley Deetz. Hasil penelitian menunjukan terdapat perilaku altruism digital yang terjadi pada media sosial twitter dengan kata kunci twitter please do your magic melalui tiga prinsip, yaitu pengetahuan, makna, dan bahasa. Orang dengan jarak yang berbeda dan waktu yang berbeda dapat saling memberikan perhatian atau sikap peduli kepada orang lain melalui ruang digital media sosial. Para pengguna twitter yang merespon dan membuat twitter merasakan sangat senang bisa membantu orang lain tanpa meminta imbalan sedikitpun.

Article Details

How to Cite
Imam Aji Rahmatullah Palangas. (2025). FENOMENA ALTRUISME DIGITAL PADA PENGGUNA TWITTER : Studi Fenomenologi Twit Twitter Please Do Your Magic. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 9(1), 34–40. https://doi.org/10.33369/jkaganga.9.1.34-40