Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu untuk mengembangkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui Bujang Gadis Provinsi Bengkulu dalam mempromosikan destinasi wisata di Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melalui Bujang Gadis Provinsi Bengkulu dalam mempromosikan pariwisata di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan teori IMC yaitu yang mencampurkan beberapa media dan saluran dalam suatu strategi yang melibatkan 3 eleman komunikasi, yaitu Public Relations, Personal Seliing, dan Event and Marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan informan ditemukan melalui metode Purposive Sampling. Teknik ini didasarkan pada kredibilitas dan kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melalui Bujang Gadis Provinsi Bengkulu dalam mempromosikan pariwisata di Kota Bengkulu diterapkan dengan fokus utama menggunakan media sosial yang memanfaatkan akun masing-masing anggota Bujang Gadis yang memiliki banyak jumlah pengikut dalam mempromosikan pariwisata di Kota Bengkulu yang diantaranya ada Pantai Panjang, Benteng Malborough, Danau Dendam Tak Sudah, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan Rumah Fatmawati

Article Details

How to Cite
Muhammad Prastiawan. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DI KOTA BENGKULU OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI BENGKULU MELALUI BUJANG GADIS PROVINSI BENGKULU. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkaganga.9.1.1-8