Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Ditinjau dari Pemecahan Masalah

Authors

  • Aulia Putri Faradisa Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Esti Utami Universitas PGRI Semarang
  • Aurora Nur Aini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

critical thinking, HOTS, problem solving

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kandangserang. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan  keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat memenuhi keenam indikator kemampuan berpikir kritis diantaranya; interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation dan selfregulation. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang dapat memenuhi lima indikator interpretation, analysis, inference, evaluation, dan explanation. Sedangkan, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah memenuhi tiga indikator berpikir kritis yaitu interpretation, analysis dan selfregulation.

Kata kunci: Berpikir kritis, HOTS, Pemecahan masalah

Abstract

This study aims to determine students' critical thinking skills in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) types on trigonometry material. This research is qualitative descriptive research. The subjects of this study were students of class XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kandangserang. Subject selection was based on the results of the problem-solving ability test on trigonometry material. Data collection techniques used in this study are tests, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The technique of checking the validity of the data is by using the triangulation method. The results of this study indicate that students with high problem-solving abilities can meet the six indicators of critical thinking skills including; interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation and self-regulation. Students with moderate problem-solving skills can fulfil the five indicators of interpretation, analysis, inference, evaluation, and explanation. Meanwhile, students with low problem-solving abilities fulfil three critical thinking indicators, namely interpretation, analysis and self-regulation.

References

Astuti, Y., Muhtarom, & Prayito, M. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Conklin, W. (2011). Higher-order thinking skills to develop 21st century learners. Teacher Created Materials.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Fatmawati, H. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013 / 2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Fatra, M., & Maryati, T. K. (2018). Implementasi K13 pada Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif. 1, 1–28. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42272

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.

Indriyani, F., Nurcahyono, N. A., & Agustiani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Ideal Problem Solving. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 303–311. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1296

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1610

Marfu’ah, I., & Julaeha, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 26–30. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5308

Michael, S., & Paul, R. (1992). Critical thinking defined. In Handout given at Critical Thinking Conference, Atlanta, GA., November.

Mulyaningsih, D., & Utami, R. E. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 03(06), 457–464.

Munira, S., Abidin, Z., & Jarmita, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas iv MIN 25 Aceh Besar. (Doctoral Dissertation, UIN AR-RANIRY).

Oktaviani, I. A., Ariyanto, L., & Utami, R. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902

Risah, Y., & Sutirna. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas Dilihat Dari Hasil Belajar Pada Materi Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, February, 30–36. https://www.researchgate.net/publication/338984145%0AANALISIS%0Ahttp://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Faradisa, A. P., Utami, R. E., & Aini, A. N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Ditinjau dari Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(2), 27–45. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/20546

Issue

Section

Articles