Penerapan Pembelajaran New Normal: Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa SMP

Authors

  • Nur Azizah Izniati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan self regulated learning siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan ex post facto. Populasi penelitian adalah 186 siswa kelas VIII SMP Negeri 175 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Kriteria sampel minimal penelitian ini diperoleh menggunakan sample to variable ratio. Sebanyak 84 siswa terpilih sebagai sampel penelitian dengan 28 siswa pada masing-masing kategori self regulated learning. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan angket self regulated learning. Teknik analisis data menggunakan ANOVA satu jalan dengan sel sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP pada setiap kategori self regulated learning. Presentase rata-rata keseluruhan indikator kemampuan pemahaman konsep pada setiap kategori self regulated learning tidak beda jauh yaitu self regulated learning tinggi dan sedang 58% kategori cukup dan self regulated learning rendah 57% kategori cukup.

 

Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep, self regulated learning, bangun ruang sisi datar

References

Adhari, Y. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 245.

Ainun, A. N., Djadir, & Mutmainnah. (2019). Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan pada Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Guppi Samata Kabupaten Gowa. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 114–121.

Ali Memon, M., Ting, H., Cheah, J.-H., Thurasamy, R., Chuah, F., & Huei Cham, T. (2020). Journal of Applied Structural Equation Modeling SAMPLE SIZE FOR SURVEY RESEARCH: REVIEW AND RECOMMENDATIONS. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2), 2590–4221.

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Anas, P. S., & Alsa, A. (2018). Strategi Self-Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 2(3), 142. https://doi.org/10.22146/gamajpp.41764

Anwar, S., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 116. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.1169

Asri Primastuti, Supriyono, W. I. P. (2021). Peningkatan Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran SDM di SMP. 3(2), 25–32. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i2

Astriani, L. (2017). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. FIBONACCI Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 77–85. http://jurnal.um.ac.id/index.php/fbc

Ayang Kurniati, A. S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 137–147. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Azizah, N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Implementasi Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Negeri Lolong. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 237–242. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/151

Barry J. Zimmerman, D. H. S. (2001). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives. Routledge.

Budiyono. (n.d.). Statistika Untuk Penelitian (pp. 195–200). UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Dahlia, H., & Ilyas, A. (2021). Self-Regulated Learning Siswa SMP N 1 Lubuk Alung. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 110–114. https://doi.org/10.24036/00428kons2021

Dayanti, E. . S. S. (2021). ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 SIMPANG HILIR KALIMANATAN BARAT PENDAHULUAN Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang ter. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(19), 36–43.

Destiniar. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Player Matematis Siswa Kelas Vii Smp Pgri 11 Palembang. Jppm, 9(2), 277–282.

Faruq, & Daliman. (2021). Pelatihan Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP. Abdimas Dewantara, 4(2), 38–49.

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Feronika, E., Simanungkalit, B., Manu, R. E. H. R., Bili, A. C. B., & Loe, A. P. (2021). Hubungan antara Motivasi dan Self-regulated Learning Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Kupang. 1(2), 44–48.

Gestiardi, R., & Maryani, I. (2020). Analisis self-regulated learning (SRL) siswa kelas VI sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7379

Gustina, G., Djadir, D., & Rusli, R. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED …, 5(2), 164–171. http://103.76.50.195/imed/article/view/23849

Hadin, Helmy Muhammad Panji, U. A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MTs DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 657–666. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2989

Hasbullah, I. A. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Prokrastinasi Akademik terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 24–35.

Jayanti, V. S., Nurohmah, U., Himawati, N. A., & Maryani, I. (2020). Analisis Self Regulated Learning di Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sambisari. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(3), 210–215.

Jeremy Kilpatrick, Jane Swafford, B. F. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics Jeremy. Society, II(6), 790.

Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. 3(1).

Kurnila, V. S., Danto, Y. S. S., Jundu, R., & Jelatu, S. (2019). Hubungan Antara Sikap Pada Matematika Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Di Kecamatan Langke Rembong. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.5898

Maghfiroh, L., Mustangin, & Fuady, A. (2020). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Penelitian, Dan Pembelajaran, 15(33), 38–45.

Martinez-Pons, B. J. Z. (1990). Student Differences in Self-Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51–59. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00461520701263426%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/j.1467-9647.2011.00772.x

Munasiah, M. (2020). Hubungan Kecemasan dengan Pemahaman Konsep Matematika dan Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1), 99. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1508

Musliha, M., & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82

Nailul Himmi, Nina Agustyaningrum, I. I. (2021). ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMK. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2497–2506.

Nelson, R. F. H. Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dan Self Regulated terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. 2(3), 211–218.

Pardosi, N., & Atrizka, D. (2018). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa Sekolah Menengah Atas Self Regulated Learning in Terms of Parents Social Support for Senior High School’s Students. Jurnal Magister Psikologi UMA, 10(2), 97–103. http://ojs.uma.ac.id/index.php/ analitika%0AKemandirian

Permendikbud no 22 tahun 2016. (2013). Peraturan Mendti Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 22. Tahun 2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Putri, R. M., & Eliyarti, W. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Core Dengan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Regulated Learning Siswa Sma. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 129–138. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.605

Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826

Safira Datu, Ellis Salsabila, & Vera Maya Santi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 53–60. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.06

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Purwokerto. Empati, 5(1), 44–49.

Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838

Septripiyani, K., & Novtiar, C. (2021). MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MASA PANDEMI COVID-19. 4(6), 1709–1722. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1709-1722

Triana Andianti, Sukirwan, I. R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244

Trinofita, B., & Haji, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Meet Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. 06(03), 1–10.

Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250–260. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1773

Vitaloka, V., Efendi, A. Y., & Saputra, H. (2020). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 139–146.

Wahyuni, T., Komarudin, K., & Anggoro, B. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Wee Dengan Strategi Qsh Ditinjau Dari Self Regulation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1724

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Izniati, N. A. (2022). Penerapan Pembelajaran New Normal: Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(2), 12–26. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/22405

Issue

Section

Articles