Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Logika Matematika Kelas X TO 3 SMKN 3 Bengkulu Selatan
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X T0 3 semester 2 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 28 siswa. Metodologi penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan nilai tes yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menggunakan angket aktivitas siswa untuk setiap siklus. Data dianalisis dengan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TO 3 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan pada pembelajaran logika matematika. Persentase peningkatan aktivitas siswa secara klasikal sebesar 47,45% pada siklus I menjadi 82,37% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori positif menjadi sangat positif. Selain itu, nilai rata-rata kelas dari 20,80% pada pra siklus meningkat menjadi 75,00% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika kelas X T0 3 semester 2 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar
AbstractThis study aimed to find out the improvement of student learning activities and results by applying the Problem Based Learning (PBL) Model. The subjects of this study were 28 students of class X T0 3 semester 2 of SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan for the 2021/2022 academic year. The research methodology was Classroom Action Research (PTK) consisting of two cycles. Each cycle was carried out of three meetings with the stages of planning, implementing, observing and reflecting. The data collection technique was to collect the test scores which were carried out at the end of each lesson using the question test instrument (written test). Observation data was carried out using the student activity questionnaire for each cycle. Data were analyzed by means of percentage statistics. The results showed that there was an increase in the activity and learning outcomes of students in class X TO 3 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan in learning mathematical logic. The percentage of increasing student activity classically was 47.45% in cycle I to 82.37% in cycle II. Student learning activities have increased from good categories to very good. In addition, the class average scores were from 20.80% in pre-cycle increased to 75.00% in cycle I and increased to 89.29% in cycle II. It can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) Model can improve student learning activities and results of mathematical logic material for class X T0 3 semester 2 of SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan for the 2021/2022 academic year.
Keywords: Problem-Based Learning Model, Learning Activities, Learning Outcomes
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurhusna Husna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .