p Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika Kelas X TO 3 SMKN 3 Bengkulu Selatan Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022

Penulis

  • Nurhusna Husna SMKN 3 Bengkulu Selatan

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X T0 3 semester 2 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 28 siswa. Metodologi penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan nilai tes yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menggunakan angket aktivitas siswa untuk setiap siklus. Data dianalisis dengan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TO 3 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan pada pembelajaran logika matematika. Persentase peningkatan aktivitas siswa secara klasikal sebesar 47,45% pada siklus I menjadi 82,37% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori positif menjadi sangat positif. Selain itu, nilai rata-rata kelas dari 20,80% pada pra siklus meningkat menjadi 75,00% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika kelas X  T0 3 semester 2 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar

 

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Husna, N. (2022). p Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika Kelas X TO 3 SMKN 3 Bengkulu Selatan Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 1–12. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/25505

Terbitan

Bagian

Articles