Analisis Tingkat Kognitif Soal Kesebangunan dan Kekongruenan pada LKPD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Teddy Alfra Siagian Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Saprida Yani Harahap S1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
  • Hanifah Hanifah S2 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.25857

Abstract

Abstrak

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan instrumen pendukung untuk memperkuat pemahaman konsep karena memuat banyak soal latihan. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada LKPD matematika kelas IX semester genap terbitan Viva Pakarindo berdasarkan taksonomi Bloom revisi dengan metode pengumpulan data yakni dokumentasi dan observasi dan instrumen penelitian berupa lembar klasifikasi dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dari 97 soal terdapat 5 soal tidak lengkap sehingga hanya 92 soal yang layak dianalisis ini terdiri dari soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 16,31%, mengaplikasikan (C3) sebanyak 70,65%, menganalisis (C4) sebanyak 11,95%, dan mengevaluasi (C5) sebanyak 1,09% dan tingkat kognitif yang mendominasi mengaplikasikan (C3), namun tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta  (C6) dan disimpulkan bahwa soal pada LKPD ini belum memenuhi kriteria soal yang ideal untuk penilaian HOTS (High Order Thinking Skill).

 

Kata kunci: LKPD, Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

 

 

Abstract

LKPD (students' worksheet) is a secondary instrument to improve the understanding of concepts. This study aims to determine the distribution of the cognitive level from the questions in LKPD for 9th grade in second semesters published by Viva Pakarindo based on Bloom’s Taxonomy. The methods for data collection were documentation and observation and the instruments that were used were classification sheets and cognitive level validation sheets. The results were from 97 questions there were 5 incomplete questions. Then from 92 questions, we found that question of understanding (C2) was 19.565%, applying (C3) was 70.34%, analyzing (C4) was 11,95%, and evaluating (C5) was 1.087%. The dominant cognitive level was applying (C3), and no questions for remembering (C1) and creating (C6) then we conclude the questions in this LKPD have not suitable for the ideal HOTS (High Order Thinking Skill) assessment criteria.

Keywords: Bloom's Taxonomy, Mathematics, Student Worksheet, Cognitive Level

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Siagian, T. A., Harahap, S. Y., & Hanifah, H. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Kesebangunan dan Kekongruenan pada LKPD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 50–64. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.25857

Issue

Section

Articles