ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PADA LKPD TERBITAN VIVA PAKARINDO BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.25857Abstrak
ABSTRAK
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan instrumen pendukung untuk memperkuat pemahaman konsep karena memuat banyak soal latihan. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada LKPD matematika kelas IX semester genap terbitan Viva Pakarindo berdasarkan taksonomi Bloom revisi dengan metode pengumpulan data yakni dokumentasi dan observasi dan instrumen penelitian berupa lembar klasifikasi dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dari 97 soal terdapat 5 soal tidak lengkap sehingga hanya 92 soal yang layak dianalisis ini terdiri dari soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 16,31%, mengaplikasikan (C3) sebanyak 70,65%, menganalisis (C4) sebanyak 11,95%, dan mengevaluasi (C5) sebanyak 1,09% dan tingkat kognitif yang mendominasi mengaplikasikan (C3), namun tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta (C6) dan disimpulkan bahwa soal pada LKPD ini belum memenuhi kriteria soal yang ideal untuk penilaian HOTS (High Order Thinking Skill).
Kata kunci : LKPD, Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Teddy Alfra Siagian, Saprida Yani Harahap, Hanifah Hanifah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .