ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PADA LKPD TERBITAN VIVA PAKARINDO BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Penulis

  • Teddy Alfra Siagian Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Saprida Yani Harahap S1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
  • Hanifah Hanifah S2 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.25857

Abstrak

ABSTRAK

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan instrumen pendukung untuk memperkuat pemahaman konsep karena memuat banyak soal latihan. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada LKPD matematika kelas IX semester genap terbitan Viva Pakarindo berdasarkan taksonomi Bloom revisi dengan metode pengumpulan data yakni dokumentasi dan observasi dan instrumen penelitian berupa lembar klasifikasi dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dari 97 soal terdapat 5 soal tidak lengkap sehingga hanya 92 soal yang layak dianalisis ini terdiri dari soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 16,31%, mengaplikasikan (C3) sebanyak 70,65%, menganalisis (C4) sebanyak 11,95%, dan mengevaluasi (C5) sebanyak 1,09% dan tingkat kognitif yang mendominasi mengaplikasikan (C3), namun tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta  (C6) dan disimpulkan bahwa soal pada LKPD ini belum memenuhi kriteria soal yang ideal untuk penilaian HOTS (High Order Thinking Skill).

Kata kunci : LKPD, Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

 

 

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Siagian, T. A., Harahap, S. Y., & Hanifah, H. (2022). ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PADA LKPD TERBITAN VIVA PAKARINDO BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 50–64. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.25857

Terbitan

Bagian

Articles