PERBANDINGAN SELF CONCEPT SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DAN MODEL PEMBELAJARAN LUAR KELAS

Authors

  • Syefriyani Detty Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu
  • Nirwana Nirwana Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.6285

Keywords:

Pembelajaran Pencapaian Konsep, Pembelajaran Luar Kelas, Self Concept.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Self Concept Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan self concept siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = 3,067 dengan angka signifikansi 0,003.

References

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta : Depdiknas.

Haji, S & Maizora, S. (2015). Membangun kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015.

Herawaty, D, (2017). Peningkatan kompetensi siswa SMP di Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(1). 46-64.

Herawaty, D., & Rusdi (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran matematika realistik berdasarkan konflik kognitif siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Prosiding SEMIRATA MIPA PTN BKS Barat 22-24 Mei 2016 di UNSRI Palembang.

Sumartini, T. S. (2016). Mengembangkan self concept siswa melalui model pembelajaran concept attainment. Mosharafa, 4(2), 48-57.

Syefriyani, D., & Haji, S. (2018). Penerapan lesson study untuk meningkatkan self-concept mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar matematika. JTAM| Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 89-96.

Widada, W. (2016). Sintaks model pembelajaran matematika berdasarkan perkembangan kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). 163-172

Widada, W. (2002). Sikel pengajaran ACE: Membantu mahasiswa dalam proses mengkonstruksi matematika. Seminar Nasional MIPA UM Malang berkerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (IMSTEP-JICA) (Vol. 5).

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Detty, S., Haji, S., & Nirwana, N. (2018). PERBANDINGAN SELF CONCEPT SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DAN MODEL PEMBELAJARAN LUAR KELAS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.6285

Issue

Section

Articles