PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIKTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DIKELAS VIIISMPN 1 SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.4189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian dengan metode eksperimen ini dilaksanakan di SMPN 1 Selupu Rejang . Uji hipotesis dilakukan dengan uji Anava Campuran (Anava Mixed Design). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran kelas eksperimen signifikan ( x = 79.56; MD = -55.515; p<0.05) dan kelas control signifikan ( x = 63.35; MD = -44.597: p<0.05). Kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen signifikan ( x = 79.35; MD = -58.621; p<0.05) dan kelas kontrol signifikan ( x = 65.50; MD = -45.606: p<0.05). Uji hipotesis pengaruh pendekatan matematika realistik untuk kemampuan penalaran diperoleh F = 46.724 (p<0.00) artinya terdapat interaksi antara time (pretes-postes) dan group (eksperimen-kontrol).Sedangkan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh F = 53.202 (p<0.00) artinya terdapat interaksi antara time (pretes-postes) dan group (eksperimen-kontrol). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pendekatan matematika realistik secara signifikan mempengaruhi kemampuan penalaran dankemampuan pemahaman konsep matematika.
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematika
References
Soedjadi, 1998/1999, Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia, Konstanta Keadaan masa kini menuju harapan masa depan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral PendidikanTinggi.
Syaipul Sagala, 2010 Pembelajaran yang Efektif dan Bermakna. Proses Berpikir Siswa Kelas II SLTP N Jepon dalam Menyelesaikan Soal-soa lPeluang. Tesis S2 Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya.
Suyono&Haryanto, 2011. Belajar & Pembelajaran. Universitas Negeri Surabaya Rosda:Surabaya.
Trianto, 2007, Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis- Praktisdan Implementasinya ,
Widada, Wahyu. 2002. Pendekatan Pembelajaran Matematika. Surabaya: Penerbit Vica
Widada, Wahyu. 2004 .Aktifitas Berpikir Matematis seorang siswa pada jenjang Pendidikan Dasar. Dimuat dalam Alternatif Jurnal Pemikiran Pendidikan. FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .