Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu Bay Tat untuk Memahami Pembelajaran Matematika Di Sekolah

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9792

Kata Kunci:

Etnomatematika, Bay tat, Pembelajaran matematika, Matematika sekolah

Abstrak

Etnomatematika adalah matematika dalam suatu budaya. Budaya yang dimaksud adalah kebiasaan-kebiasaan perilaku manusia dalam lingkungannya, seperti perilaku kelompok masyarakat perkotaan atau pedesaan, kelompok kerja, kelas profesi, siswa dalam kelompok umur, masyarakat pribumi, dan kelompok-kelompok tertentu lainnya. Berbagai Upaya telah dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika. Misalnya perbaikan dalam kurikulum, metode, serta model pembelajaran yang diterapkan. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa. Salah satu upaya tersebut adalah melalui pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika terbukti efektif dalam meningkatkan  kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini terbukti bahwa dari hasil penelitian dan beberapa indiktor kemampuan pemahaman siswa menyatakan bahwa ada pengaruh etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa, yaitu dalam hal mengidentifikasi, menerjemahkan, menafsirkan makna simbol, memahami dan menerapkan ide matametis, membuat suatu eksplorasi (perkiraan), serta meningkatkan perolehan nilai hasil belajar siswa

Referensi

A. Naashir, M. Tuah Lubis, Dwi Yanti. 2018. Identifikasi Etnomatenatika Batik Besurek Bengkulu Sebagai Media Dan Alat Peraga Penyampaian Konsep Kekongruenan Dan Kesebagunan. https;//jurnal.univpgri-palembang.ac.id. Diakses tanggal 1 Oktober 2019.

Detik Food. https://food.detik.com/all-you-can-eat/d-1222941/kuenya-para-raja-bengkulu. Diakses pada18 Oktober 2019.

Detik Food. https://food.detik.com/all-you-can-eat/d-1222941/kuenya-para-raja-bengkulu. Diakses tanggal 18 Oktober 2019.

Dwi Yanti, Wahyu Widada, Zamzaili. 2018. Kemampuan pemecahan masalah open ended peserta didik sekolah negeri dan swasta dalam pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 03 No.01.

Herawaty, D., Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080

Masakan Khas Daerah. http://masakan-khas-daerah.blogspot.com/2013/10/resep-kue-tart-bengkulu-dan-cara.html. Di akses tanggal 18 Oktober 2019.

Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Feni Febriani, I Nyoman Wirne. 2018. Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 03 No.02

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, W, Herawaty, D., Jumri, R., Zulfadli, Z., & Damara, B. E. P. (2019). The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012085), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012085

Widada, W, Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073

Widada, Wahyu. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Diterbitkan

2019-12-04

Cara Mengutip

Pusvita, Y., Herawati, H., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu Bay Tat untuk Memahami Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 185–193. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9792