Analisis Kontruksi Pengetahuan Berdasarkan Teori APOS Materi Teorema Pythagoras Pada Pembelajaran Model ICARE
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16298Kata Kunci:
Pembelajaran ICARE, Kontruksi Pengetahuan, APOS, PythagorasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontruksi pengetahuan teorema pythagoras dalam pemecahan masalah serta tingkat pencapaian kompetensi dengan pembelajaran model ICARE. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan serta diambil 3 siswa dalam mendeskripsikan kontruksi pengetahuan dalam pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test uraian pemecahan masalah, wawancara semi terstruktur.. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ICARE sangat efektif dalam mencapai ketuntasan kompetensi materi pythagoras dengan 66,7%. Responden 1 mampu mengkontruksi pengetahuan dalam proses pemecahan masalah dengan tahapan aksi, proses, objek dan skema. Responden 2 mampu mengkontruksi pengetahuan sampai tahapan objek. Sementara responden 3 hanya melalui tahapan aksi.Referensi
Agustini. (2007). Analisis Pemahaman Tentang Himpunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Karangrejo Tulungagung [Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/10044/
Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762
Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014
Fatimah, A. T., Amam, A., & Effendi, A. (2017). Konstruksi Pengetahuan Trigonometri Kelas X Melalui Geogebra dan LKPD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 178. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.596
Isa, A. (2012). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1105
Jarnawi, S. &. (2009). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Http://repository.ut.ac.id/, 4(9), 51–57. https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v04i09/51542
Khalil, M., Farooq, R. A., Çakiroglu, E., Khalil, U., & Khan, D. M. (2018). The development of mathematical achievement in analytic geometry of grade-12 students through GeoGebra activities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1453–1463. https://doi.org/10.29333/ejmste/83681
Mulyono, M. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9924
Purwanto, A. S. (2010). Eksplorasi pemahaman mahasiswa mengenai konsep keterbagian bilangan bulat [Tesis (Pascasarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika]. http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36360
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional …, 4(1), 110–124. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2874
Sinuraya, J., Wahyuni, I., Demonta Panggabean, D., & Tarigan, R. (2019). Optimize use of icare based student worksheet (ICARE-BSW) in physics learning at the introduction level. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012161
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6773.185-200
Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Di UNP, 1–16.
Tziritas, M. (2011). APOS Theory as a Framework to Study the Conceptual Stages of Related Rates Problems. Analysis, September, 213.
Watson, A., & Editors, M. O. (2009). New ICMI Study Series. https://the-eye.eu/public/Books/Electronic Archive/Baptiste_Lagrange_Mathematics_Education_and_Technology-Rethinking_the_Terrain.pdf#page=316
Widyaiswara, S. F. &. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. P3G Matematika.
Wiyono, K., Setiawan, a, & Paulus, C. T. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 8(1), 74–82. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI
Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184
Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran Icare (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Ut. Infinity Journal, 4(2), 182. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81
Zahid, M. Z., & Sujadi, I. (2017). Pembentukan Konsep Faktorisasi Aljabar Siswa Berkemampuan Tinggi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 94–100. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7517
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .