Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143Kata Kunci:
Kemampuan, Bepikir kritis, MatematikaAbstrak
Kemampuan berpikir kritis matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam menyongsong perkembangan IPTEK. Namun, faktanya kemampuan siswa Indonesia masih berada pada level menengah kebawah. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada sekolah SMPN Satu Atap di Kecamatan Kabawo. Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Kabawo tahun pelajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Data yang telah dihimpun dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMPN Satu Atap 1 Kabawo masih tergolong rendah yaitu 0 % dengan katogori tinggi, 5.6% (2 siswa) dengan kategori sedang, dan 94.4% (34 siswa) dengan kategori rendah. Selain itu, jika ditinjau dari setiap aspek kemampuan berpikir kritis matematika, diperoleh hasil bahwa 30,2% mampu menyelesaikan soal pada aspek interpretasi, 20,1% mampu menyelesaikan soal pada aspek mengalisis, 20,1% menyelesaikan soal pada aspek mengevaluasi, dan 1,7% menyelesaikan soal pada aspek menyimpulkan.
Referensi
Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517
Arisetyawan, A., & Supriadi, S. (2020). Ethnomathematics study in calendar system of Baduy tribe. Ethnomathematics Journal.
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of critical thinking on performance in mathematics among senior secondary school students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(5), 18–25.
Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open-Ended Pada Materi Pecahan. Satya Widya, 33(1), 73. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p73-83
Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ennis, R. (2011). Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines. Critical Thinking.
Fahim, M., & Masouleh, N. S. (2012). Critical thinking in higher education: A pedagogical look. Theory and Practice in Language Studies. https://doi.org/10.4304/tpls.2.7.1370-1375
Fisher, A. (2000). Book Reviews: Critical Thinking Prentice Hall). Robert H.Ennis, 1996. Argumentation.
Kurniasih, N. R., & Harta, I. (2019). Analisis kemampuan kognitif matematika berdasarkan task commitment siswa kelas khusus olahraga sekolah menengah atas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.23519
Lau, J. Y. F. (2011). An introduction to critical thinking and creativity: Think more, think better. John Wiley & Sons.
Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran matematika realistik. In Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 349–354). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika.
Marsigit, M., Rizkianto, I., & Murdiyani, N. M. (2015). Filsafat matematika dan praktis pendidikan matematika. Yogyakarta: UNY Press.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah (2016). Indonesia.
Muijs, D., Reynolds, D., Soetjipto, H. P., & Soetjipto, S. M. (2011). Effective teaching: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Seminar Puspendik 2016.
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle: Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5782
Pramuditya, L. C., Supandi, S., & Nugroho, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aljabar. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 279–286. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4854
Scott, S. (2008). Perceptions of Students’ Learning Critical Thinking through Debate in a Technology Classroom: A Case Study. The Journal of Technology Studies, 34(1). https://doi.org/10.21061/jots.v34i1.a.5
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018. Paper of Matematohir.
Umam, K. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i2.3427
Usman, K., Uno, H. B., Oroh, F. A., & Mokolinug, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jambura Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10260
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .