Analisis Dampak Pembelajaran Penugasan Berbasis Web Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.26981Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak yang terjadi pada mahasiswa pendidikan matematika Universitas Bengkulu dalam pembelajaran penugasan berbasis web yang berbantuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 36 mahasiswa semester 2 angkatan 2020 prodi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumen rekam jejak di web. Hasil penelitian menyatakan bahwa belajar mandiri mahasiswa dapat termotivasi dari penugasan dengan materi terstruktur yang disampaikan melalui web pembelajaran dan disematkan aplikasi GeoGebra untuk materi geometri. Lama belajar mandiri setiap mahasiswa berbeda-beda dengan rata-rata waktu belajar 140 menit. Waktu belajar mandiri yang paling banyak dilakukan pada malam hari karena mahasiswa merasakan kenyamanan di waktu tersebut. Sejalan dengan penguasaan materi yang baik karena pembelajaran mandiri yang dilakukan, semua mahasiswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk presentasi hasil belajar di depan kelas. Semua mahasiswa menyukai pembelajaran berbasis web berbantuan geogebra. 33 mahasiswa atau 92% dari mahasiswa setuju untuk menerapkan pembelajaran ini pada pembelajaran selanjutnya. Mahasiswa meminta pengajar untuk memperhatikan waktu penyelesaian tugas yang diberikan berdasarkan pada muatan materi dan pengajar membuat kesepakatan dengan mereka.
Kata kunci: pembelajaran penugasan, GeoGebra, pembelajaran berbasis web
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Syafdi Maizora, Dadang Juandi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .