PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STARTEGI GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKN 3 REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3697Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMKN 3 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi exsperimental)yang dilaksanakan di SMKN 3 Rejang Lebong pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan populasi penelitian adalah semua siswa Kelas X SMKN 3 Rejang Lebong dan sampel penelitian ini adalah kelas X FARMASI (Kelas Kontrol) dan kelas X TSM (Kelas Eksperimen). Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Problem Based Learning dengan Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis Karena nilai signifikan kemampuan berpikir kritis pada tabel kecil dari 0,05 maka terima H1, berarti terdapat pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Besarnya pengaruh perlakuan pertama terhadap kemampuan berpikir kritis adalah 52,1%.
Kata Kunci:Problem Based Learning, Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis
Referensi
Arends, R. (1997). LearningtoTeach.Penerjemah:HellyPrajitno&SriMulyani.NewYork: McGrawHill Company.
Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi IV. Jakarta: PT. Bumi Aksara
BNSP. (2006). Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMK/MAK. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Haji, S. (2009). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Smp Kota Bengkulu. Makalah pada Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Bidang Ilmu MIPA. Universitas Syiah Kuala Darussalam Aceh. 5 Mei 2009.
Maimunah. (2005). Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Sabandar, J. (2009). Matematika SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: Bailmu.
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wardani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: P4TK
Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .