Level Berpikr Anak Tunagrahita Ringan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Sekolah Alam Mahira Bengkulu Berdasarkan Taksonomi SOLO

Penulis

  • Harmudianto Harmudianto
  • Wahyu Widada Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Zamzaili

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.9016

Kata Kunci:

Cognitive Thinking Level, Debile of Tunagrahita, SOLO Taxonomy

Abstrak

Tunagrahita adalah istilah untuk menyebut anak-anak dengan kondisi keterbelakangan mental. kondisi ini yang menyebabkan anak-anak ini mengalami kesulitan setidaknya di empat bidang, terkait dengan perhatian, memori, bahasa, dan akademisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik berpikir kognitif siswa Tuna Grahita Ringan pada Sekolah Alam Mahira berdasarkan Takasonomi SOLO. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini yaitu Siswa Tunagrahita Ringan Sekolah Alam Bengkulu Mahira sebanyak Tiga orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berbasis tugas dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan lima soal yang telah di buat soal yang berlevel Prestruktural terdapat dua anak saja yang cenderung memiliki respon yang sama atau jawaban yang relatif sama, Sedangkan soal yang berlevel Relasional dapat diselesaikan oleh satu anak tunagrahita ringan. Akan tetapi kecerdasan dan kemampuan bahasa baik membaca maupun pengucapan masih belum memadai.

Referensi

Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2004). SOLO Taxonomy and Assessing Learning to Learn.

Biggs, JB & Collis, KF (1982). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy. New York: Academic Press.

Biggs, JB (1995). Assessing for learning: some dimensions underlying new approaches to educational assessment. The Alberta Journal of Educational Research 41 (1)

Biggs, JB (1999).Teaching for quality at University. Buckingham: SRHE / OU press. http://www.hebes.mdx.ac.uk/teaching/

Hallahan, D. P. and Kauffman, J. M. (1988).Exceptional Children Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall International.

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089

Lexy J. Moleong, (2014) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tentang metode - metode baru . Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Riezlioko (2012). Anak Berkelainan dan Klasifikasinya. Online: https://riezlioko.wordpress.com/2012/01/27/anak-berkelainan-klasifikasinya/

Wardani, Ayu and Azhar , Marwan and Rasianna , Saragih (2012) Komunikasi Antar Pribadi Guru Dengan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Alam Bengkulu Mahira.Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.2013. tidak diterbitkan. Diaksesdari http://repository.unib.ac.id/1467/( diakses tanggal 7 05 2017 01.17 wib)

Widada, W.; Herawaty, D. (2017). Realistic Mathematics Learning Based on Bengkulu Ethnomathematics to Increase Cognitive Level. Conference Proceeding BICSE - 2017. pp.214-225.

Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Pd, B. E., & Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 352–355. https://doi.org/10.21275/ART2019438

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Pd, B. E., & Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 352–355. https://doi.org/10.21275/ART2019438

Diterbitkan

2019-06-30

Cara Mengutip

Harmudianto, H., Widada, W., & Zamzaili, Z. (2019). Level Berpikr Anak Tunagrahita Ringan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Sekolah Alam Mahira Bengkulu Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 107–123. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.9016

Terbitan

Bagian

Articles