Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengacu pada studi yang berkaitan dengan kopi dalam konteks budaya pada pengelolaan kedai kopi dengan memasukkan konsep budaya perusahaan dan identitas. Kajian yang dilakukan bertujuan untuk memperjelas signifikansi relasi antara penjual dan pembeli dalam melihat kebertahanan kedai kopi berskala kecil di tengah persaingan bisnis yang ketat. Penelitian ini dilakukan di Magistra Coffee, yang berlokasi di Fakultas Ilmu Budaya, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode etnografi, yang pengumpulan datanya melalui tehnik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah pemilik kedai kopi dan salah satu baristanya yang terlibat dalam keputusan-keputusan strategis. Temuan mengungkapkan bahwa kedekatan hubungan secara emosional antara pihak penjual dan pembeli terbangun karena adanya budaya perusahaan (srawung) yang berorientasi lebih kepada pelayanan daripada produk kopinya sendiri. Hubungan tersebut melahirkan identitas dan reputasi yang berguna bagi kedai kopi untuk merawat para pelanggannya. Budaya srawung juga digunakan secara berkelanjutan sebagai dasar dalam pengelolaan identitas dan reputasi yang didapatkannya. Fokus pada merawat pelanggan sehingga menciptakan pelanggan-pelanggan loyal pada akhirnya mengarahkan pada kepastian penjualan. Hal tersebut dinilai relevan daripada berfokus pada peningkatan penjualan di saat banyak kedai kopi kecil yang berumur pendek karena semakin banyak kompetitor yang bermunculan.
Article Details
The Copyright noticeof the Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) is as follows :
The author who submits the manuscript must understand and agree that the copyrights published are held by Jurnal Sosiologi Nusantara. Copyright includes rights to reproduce, distribute and sell every part of journal articles in all forms and media. This is for download the copyright transfer form for signed by the corresponding author. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Sosiologi Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Then, you are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.