Main Article Content
Abstract
Virtual dalam sebuah film menjadi realitas sosial imajiner yang dituangkan melalui alur cerita, tokoh, dan setting social. Artikel ini membahas film Simone (gadis virtual) yang menggambarkan sebuah realita semu, realitas yang sebenarnya dalam film tersebut mampu mengkonstruksi sosok tidak nyata seorang aktris “maha” sempurna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada film Simone dengan menggunakan metode analisis wacana film. Hasil dari temuan menunjukkan bahwa film Simone sebagai Simulacra, jelmaan dari sesuatu abstrak menjadi kongkret, di mana dalam simulasi komputer Simone hanya dibuat berdasarkan kode, angka satu dan nol, yang diwujudkan menjadi sosok aktris “maha” cantik bagai barbie (kongkret) yang mempengaruhi realita keaktrisan hingga memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Proses hiperrealitas dalam film Simone hanya kebohongan nihilistik, manipulatif, dan melampaui kenyataan yang dibawa oleh simulakra film tersebut.
Article Details
The Copyright noticeof the Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) is as follows :
The author who submits the manuscript must understand and agree that the copyrights published are held by Jurnal Sosiologi Nusantara. Copyright includes rights to reproduce, distribute and sell every part of journal articles in all forms and media. This is for download the copyright transfer form for signed by the corresponding author. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Sosiologi Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Then, you are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis: Kritik, Penerapan Dan Implikasinya. Kreasi Wacana.
- Al-Fayyadl, Muhammad. 2005. Derrida. LKIS Pelangi Aksara.
- Astuti, Yanti Dwi. 2015. “Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual: Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace.” Profetik: Jurnal Komunikasi 8(2).
- Baudrillard, Jean, Wahyunto, and George Ritzer. 2004. Masyarakat Konsumsi. Kreasi Wacana.
- BU, Sri Wiryanti. 2004. “Iklan Dan Hiper-Realitas Perempuan.” Nirmana 6(2).
- Febriana, Merri. 2017. “Hiperrealitas ‘Endorse’ Dalam Instagram Studi Fenomenologi Tentang Dampak Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret.” Jurnal Analisa Sosiologi 6(2).
- Marvasti, Amir. 2004. Qualitative Research in Sociology. Sage.
- Nasional, Museum. 2020. “Virtual Tour Museum Nasional.” 2020. Retrieved July 13, 2020 (http://museumnasional.iheritage.id/).
- Ritzer, George. 2010. “Teori Sosiologi Postmodern.” Jakarta: Kreasi Kencana.
- Ritzer, George and Douglas J. Goodman. 2009. “Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern.” Yogyakarta: Kreasi Wacana.
- Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia Dan Komputer Edisi 2. Penerbit Andi.
- Saputra, Eldo Eka. 2016. “Hiperrealitas Relasi Dalam Sinetron Komedi ‘Tetangga Masa Gitu?’” Informasi 46(1):19–32.
- Shields, Rob and Hera Oktaviani. 2011. Virtual: Sebuah Pengantar Komprehensif. Jalasutra.
References
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis: Kritik, Penerapan Dan Implikasinya. Kreasi Wacana.
Al-Fayyadl, Muhammad. 2005. Derrida. LKIS Pelangi Aksara.
Astuti, Yanti Dwi. 2015. “Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual: Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace.” Profetik: Jurnal Komunikasi 8(2).
Baudrillard, Jean, Wahyunto, and George Ritzer. 2004. Masyarakat Konsumsi. Kreasi Wacana.
BU, Sri Wiryanti. 2004. “Iklan Dan Hiper-Realitas Perempuan.” Nirmana 6(2).
Febriana, Merri. 2017. “Hiperrealitas ‘Endorse’ Dalam Instagram Studi Fenomenologi Tentang Dampak Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret.” Jurnal Analisa Sosiologi 6(2).
Marvasti, Amir. 2004. Qualitative Research in Sociology. Sage.
Nasional, Museum. 2020. “Virtual Tour Museum Nasional.” 2020. Retrieved July 13, 2020 (http://museumnasional.iheritage.id/).
Ritzer, George. 2010. “Teori Sosiologi Postmodern.” Jakarta: Kreasi Kencana.
Ritzer, George and Douglas J. Goodman. 2009. “Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern.” Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia Dan Komputer Edisi 2. Penerbit Andi.
Saputra, Eldo Eka. 2016. “Hiperrealitas Relasi Dalam Sinetron Komedi ‘Tetangga Masa Gitu?’” Informasi 46(1):19–32.
Shields, Rob and Hera Oktaviani. 2011. Virtual: Sebuah Pengantar Komprehensif. Jalasutra.