Main Article Content

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari adanya penurunan partisipasi masyarakat dalam kegiatan program Kampung KB yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penurunan partisipasi masyarakat dalam kelompok kegiatan Kampung KB. Teori yang digunakan adalah teori partisipasi masyarakat dari Cohen dan Uphoff (1977) yang dilihat dari empat tahap partisipasi yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap menikmati hasil dan tahap evaluasi. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan unit analisis data yaitu masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan partisipasi masyarakat dalam kelompok kegiatan Kampung KB disebabkan oleh kurang mendapat informasi dan sosialisasi tentang kegiatan Kampung KB, penyampaian penyuluhan kurang menarik dan tidak dimengerti masyarakat, kurangnya anggaran dana, tempat pelaksanaan penyuluhan yang berubah-ubah, penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan pada jam kerja, kurangnya kesadaran masyarakat, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan jarak kegiatan yang jauh dari rumah. Adapun temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya model pengembangan masyarakat melalui tahap advokasi setelah tahap perencanaan agar masyarakat merasa penting bahwa partisipasi masyarakat dibutuhkan dalam menjalankan program pemerintah.

Kata kunci : Kampung KB, Partisipasi, Pola Partisipasi.

 

 

Article Details

How to Cite
Siregar, T. P., Yunindyawati, Y., & Nengyanti, N. (2021). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KELOMPOK KEGIATAN PROGRAM KAMPUNG KB MAKMUR DESA ARISAN GADING, KABUPATEN OGAN ILIR. Jurnal Sosiologi Nusantara, 7(1), 173–180. https://doi.org/10.33369/jsn.7.1.173-180

References

  1. Cohen, J.M, and N. T. Uphoff. 1977. “Rural Development Participation.” New York: Ithaca.
  2. Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Gunawan, Sumodiningrat. 2005. Membangun Indonesia Emas: Model Pembangunan Indonesia Baru Menuju Negara-Negara Yang Unggul Dalam Persaingan Global. Jakarta: Gramedia.
  4. Edi, Suharto. 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Indrajit , Wisnu & Soimin. 2014. Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Gagasan Manajemen Pengembangan Masyarakat untuk Memutus Mata Rantai Kemiskinan.Malang, Jawa Timur : Intrans Publishing.
  6. Khairuddin. 1992. Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Liberty Mikkelsen B. 2001. Methods for Development Work and Research. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta.
  7. Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, disertai Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
  8. Ritzer, George. 2010. Teori Sosiologi. Jakarta: Kencana.
  9. Sastropoetro, Santoso.1990. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.
  10. Scott, John. 2013. Sosiology The Key Concepts. Jakarta: Rajawali Pers.