Isi Artikel Utama

Abstrak

Interaktivitas masyarakat dalam konteks komunikasi pemasaran digital saat ini merupakan fenomena menarik untuk diamati. Format digital yang melingkupi kehidupan social masyarakat telah banyak merubah berbagai bentuk interaksi bagi berbagai tujuan, terlebih untuk kepentingan  sebuah bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi dari kegiatan komunikasi pemasaran digital pada produk lokal Bengkulu (Studi social media marketing pada produk Meijiskincare) yang akan memberikan gambaran mengenai proses interaksi yang terjadi melalui platform digital. Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivis dengan pendekatan studi kasus dengan pemilihan informan berdasarkan teknik Purposive Sampling. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa interaktivitas yang terjadi dalam komunikasi pemasaran digital pada Produk local Meijiskincare dilakukan melalui peran Brand AmbassadorInfluencer serta membagikan konten- konten edukasi pada media social dalam memasarkan produk. Terdapat kelemahan dalam pemasaran digital yang dilakukan terkait dengan membangun hubungan dengan komunitas online, interaksi dalam pelayanan dan pengemasan produk.

 

Kata Kunci : Interaktivitas Masyarakat, Komunikasi Pemasaran Digital, Produk Lokal, Bengkulu

 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Lisa Adhrianti, Universitas Bengkulu

Departement of Communciation

Cara Mengutip
Adhrianti, L., Putri, A. A., & Firmansyah, M. A. (2022). INTERAKTIVITAS MASYARAKAT PADA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL BAGI PRODUK LOKAL BENGKULU (Studi Social Media Marketing Pada Produk MEIJISKINCARE). Jurnal Sosiologi Nusantara, 8(2), 209–218. https://doi.org/10.33369/jsn.8.2.209-218

Referensi

  1. Boer, K. M. 2013. Interaktivitas sebagai Strategi Mediated Communication pada Fans Pages Starbucks Coffee Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 113–128. https://doi.org/10.24002/jik.v10i2.348
  2. Chafeey, D., & Smith, P. 2017.Digital Marketing Excellence Planning, Optimizing and Integrating DaringMarketing (Fifth edit). Routledge.
  3. Dave Chaffey.2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited.
  4. Decky Hendarsyah. 2020. Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. Volume 9 No.1
  5. Femi Oktaviani, Diki Rustandi. 2018. Implementasi Digital Marketing dalam membangun Merk Awareness. Jurnal Profesi Humas. Volume 3 No.1
  6. Hermawan.Agus.2012. Komunikasi Pemasaran.Erlangga : Jakarta.
  7. Kotler, Keller. 2009.Marketing Management. Thirteenth Edition (Jilid 1).Erlangga : Jakarta
  8. Nardi Sunardi, Rosa Lesmana, Kartono, Rudy, Wiwik Hasbiyah. 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi UMKM Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pademi Covid. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis. Volume 2 No.1
  9. Philip Kotler. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid I dan II. Edisi kesebelas.Jakarta: Indeks Gramedia.
  10. Putri Lestari, Muchammad Saifuddin. 2020. Implementasi Strategi Promosi Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid'19. Jurnal Manajemen dan Inovasi. Volume 3 No.2
  11. Rahmatul Jannatin N, M. Wahyu Wardhana, Rudi Haryanto, Agus Pebriyanto. 2020. Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact :Implementation And Action. Volume 2 No.2
  12. Rudi Yacub, Wahyu Mustajab. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Merk Awareness Pada E-Commerce. Jurnal Manajerial.Volume 12 No. 2
  13. Sanchez-Lopez, I., Perez-Rodriguez, A., & Fandos-Igado, M. 2020. The Explosion Of Digital Storytelling. Creator’s Perspective And Creative Processes On New Narrative Forms. Heliyon, 6(9), 10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04809
  14. Siti Barokah, Oryz Agnu Dian Wulandari, Mulat Triwinoto Said an Ivan Fadhil Yuditama. 2021. Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 4 No.1
  15. Sugiyono.2016. Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.
  16. Yogesh K. Dwivedi. 2020. Digital and Social Media Marketing .Emerging Applications and theoretical Development. Switzerland AG : Springer Nature.