Main Article Content

Abstract

Generasi media sosial tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi yang begitu pesat. Media sosial memfasilitasi percakapan di luar jam kerja normal. Platform media sosial paling populer untuk generasi dewasa saat ini adalah Instagram. Seseorang dapat menggunakan Instagram untuk memperoleh validasi dan representasi dirinya untuk membangun identitasnya hanya dengan satu gambar visual. Hal tersebut juga dialami oleh mahasiswa di Kota Medan dalam penggunaaan sosial media Instagram. Dalam penelitian ini ingin mengetahui perilaku mahasiswa menampilkan diri untuk mencapai citra yang diinginkan serta dalam mendapatkan pengakuan dari orang lain melalui unggahan foto yang ditampilkan pada media sosial instagram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan metode wawancara langsung serta penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan mahasiswa di Kota Medan dalam mendapatkan pengakuan dari orang lain serta dalam menampilkan diri untuk mencapai citra yang diinginkan memilki cara yang berbeda. Hal ini terjadi akibat adanya kebutuhan yang berbeda pada setiap mahasiswa dalam menunjukkan kesan dan citra diri. Kesan yang ingin diperoleh pun beragam ada yang ingin mendapatkan kesan sebagai seseorang yang memiliki nilai estetika melalui unggahan foto indah, seseorang penggemar senja melalui unggahan langit senja beserta dengan lagu-lagu yang bermakna dan seseorang yang ingin memberi kesan orang-orang yang aktif berorganisasi. Secara umum, mahasiswa di Kota Medan dapat menggunakan platform media sosial Instagram dengan baik karena mereka memahami bahwa platform tersebut hanyalah simbol visual yang telah ditetapkan sebagai keunggulan dalam segala hal, termasuk dari perspektif maksud, tujuan, dan apa pun yang dapat diantisipasi melalui pencantuman gambar visual di profil akun.


Kata Kunci:  Instagram, Media Sosial, Representasi diri, Validasi

Article Details

How to Cite
Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI BENTUK VALIDASI DAN REPRESENTASI DIRI: SOCIAL MEDIA INSTAGRAM AS A FORM SELF VALIDATION AND REPRESENTATION. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118

References

  1. Aisyah, S,Sagiyanto, A., & Kussanti, D. P. 2022. Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Self Disclosure Pada Akun Instagram@ Sacessahci. Komunikata57, 3(2), 100-106.
  2. Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-112.
  3. Alqiva, A., & Gautama, M. I. (2021). Representasi Diri Melalui Instagram oleh Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif, 4(4), 542-554.
  4. Alyusi, S. D. 2019. Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.
  5. Astuti, Y. D. 2015. Dari simulasi realitas sosial hingga hiper-realitas visual: tinjauan komunikasi virtual melalui sosial media di cyberspace. Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2).
  6. Ayun, P. Q. 2015. Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.
  7. Dewi, R., & Janitra, P. A. 2018. Dramaturgi dalam media sosial: Second account di Instagram sebagai Alter Ego. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 7(1), 340-347. 2
  8. Firdaus,Ashari & Amaliah 2023. Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup (Studi Kasus Pada Mahasiswa FIS-H UNM) (Vol.4No.2 Maret 2023)
  9. Ginting, Aprilesya Echa (2023, Februari 21). Wawancara Pribadi
  10. Prihatiningsih, W. 2017. Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65.
  11. Putri, E. 2016. Foto diri, representasi identitas dan masyarakat tontonan di media sosial Instagram. Jurnal pemikiran sosiologi, 3(1), 80-97.
  12. Rosyidah, F. N., & Nurwati, N. 2019. Gender dan Stereotipe: Konstruksi Realitas dalam Media Sosial Instagram. Share: Social Work Journal, 9(1), 10-19.
  13. Sakti, B. C., & Yulianto, M. 2018. Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490-501.
  14. Saputra, A. 2019. Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa kota padang menggunakan teori uses and gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207-216. 1
  15. Savitri, D. A. 2019. Makna Perhatian Dari Fitur Like Dan Komentar Di Ruang Media Sosial Instagram Pada Pengguna Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
  16. Setiawan, R., & Audie, N. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Presentasi Diri Mahasiswi Pendidikan Sosiologi Untirta. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 6(1), 10-20.