Isi Artikel Utama

Abstrak

Setiap orang dipaksa untuk bersikap asertif dan mengungkapkan identitasnya satu sama lain akibat
ledakan media sosial yang semakin dahsyat. Penggunaan media sosial dapat mengambil berbagai
bentuk, mulai dari kategori usia hingga profesional atau terkait gender. Tidak ada lagi perselisihan
antarpribadi melalui media sosial. Platform jejaring sosial yang paling populer saat ini adalah
Instagram. Instagram adalah platform yang mengutamakan konten visual di atas teks. Setiap orang
bisa berekspresi di Instagram antara lain dengan mengamati “diri” kita di setiap foto yang dibagikan
di media sosial. Fenomena yang dimaksud menunjukkan adanya proses penggunaan foto seseorang
sebagai representasi dirinya untuk menciptakan identitas dirinya. Orang ingin menerima bayaran atau
yang dikenal dengan “validasi identitas” untuk setiap foto yang dilihat di media sosial. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga dengan teknik penyebaran kuesioner
kepada mahasiswa dan melakukan wawancara. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana media sosial Instagram sebagai bentuk representasi dan validasi diri pada mahasiswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi Dan Representasi Diri: SOCIAL MEDIA INSTAGRAM AS A FORM SELF VALIDATION AND REPRESENTATION. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118

Referensi

  1. Aisyah, S,Sagiyanto, A., & Kussanti, D. P. 2022. Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Self Disclosure Pada Akun Instagram@ Sacessahci. Komunikata57, 3(2), 100-106.
  2. Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-112.
  3. Alqiva, A., & Gautama, M. I. (2021). Representasi Diri Melalui Instagram oleh Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif, 4(4), 542-554.
  4. Alyusi, S. D. 2019. Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.
  5. Astuti, Y. D. 2015. Dari simulasi realitas sosial hingga hiper-realitas visual: tinjauan komunikasi virtual melalui sosial media di cyberspace. Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2).
  6. Ayun, P. Q. 2015. Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.
  7. Dewi, R., & Janitra, P. A. 2018. Dramaturgi dalam media sosial: Second account di Instagram sebagai Alter Ego. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 7(1), 340-347. 2
  8. Firdaus,Ashari & Amaliah 2023. Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup (Studi Kasus Pada Mahasiswa FIS-H UNM) (Vol.4No.2 Maret 2023)
  9. Ginting, Aprilesya Echa (2023, Februari 21). Wawancara Pribadi
  10. Prihatiningsih, W. 2017. Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65.
  11. Putri, E. 2016. Foto diri, representasi identitas dan masyarakat tontonan di media sosial Instagram. Jurnal pemikiran sosiologi, 3(1), 80-97.
  12. Rosyidah, F. N., & Nurwati, N. 2019. Gender dan Stereotipe: Konstruksi Realitas dalam Media Sosial Instagram. Share: Social Work Journal, 9(1), 10-19.
  13. Sakti, B. C., & Yulianto, M. 2018. Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490-501.
  14. Saputra, A. 2019. Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa kota padang menggunakan teori uses and gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207-216. 1
  15. Savitri, D. A. 2019. Makna Perhatian Dari Fitur Like Dan Komentar Di Ruang Media Sosial Instagram Pada Pengguna Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
  16. Setiawan, R., & Audie, N. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Presentasi Diri Mahasiswi Pendidikan Sosiologi Untirta. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 6(1), 10-20.