Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tantangan penerapan profil pelajar pancasila pada siswa pada jenjang sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif  untuk menggambarkan dan menjelaskan kasus yang terjadi di SMPN 15 Makassar. Sekolah ini tengah berupaya  menerapkan profil pelajar pancasila untuk membentuk perilaku dari siswa dari latar sosial yang berbeda. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, kuesioner, dan dokumentasi. Responden penelitian sebanyak 71 orang siswa pada tingkatan kelas VII secara proporsional, dan informan penelitian sebanyak lima orang guru. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya implementasi nilai profil pelajar pancasila di SMP Negeri 15 Makassar melalui pendekatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. Secara keseluruhan, hasil evaluasi ini mencerminkan upaya yang signifikan dalam menerapkan nilai profil pelajar pancasila melalui berbagai kegiatan, dengan beberapa aspek yang memerlukan perhatian lebih lanjut untuk meningkatkan konsistensi dan kedalaman implementasinya.  Adapun tantangan dalam penerapannya yaitu pada kegiatan intrakurikuler seperti karakter siswa yang berbeda-beda dan ketersediaan sarana dan prasarana. Pada kegiatan ekstrakurikuler seperti kekurangan pelatih dan waktu pengajaran yang terbatas. Pada kegiatan kokurikuler seperti perencanaan proyek dan waktu yang banyak dalam pelaksanaan kegiatan.

Article Details

How to Cite
Fadli Anugrah Rivai, M., Mengge, B., & Syam, R. (2023). DIMENSI KARAKTER DAN TANTANGAN DALAM PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: SEBUAH TINJAUAN SOSIOLOGIS : CHARACTER DIMENSIONS AND CHALLENGES IN IMPLEMENTING THE PANCASILA STUDENT PROFILE: A SOCIOLOGICAL REVIEW. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(2), 119–146. https://doi.org/10.33369/jsn.9.2.119-146

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Annisa, Marcella Nurul, Dinie Anggraeni Dewi, And Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peran Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:7286–91.
  3. Anwar, Sakaria To, Hasbi, And Ridwan Syam. 2022. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
  4. Arif M. 2022. Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1, No. 2, h. 1-14
  5. Baharuddin, And Nur Latifah. 2022. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membangun
  6. Kesehatan Moral Masyarakat.” Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 13:24–32.
  7. Creswell, John W. 2021. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Dahliyana, Asep. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Di Sekolah.” Jurnal Sosioreligi 15(1):54–64.
  9. Firmansyah, Deri. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (Jiph) 1(2):85–114.
  10. Hadian, Tantan, Rachmat Mulyana, Nana Mulyana, And Ida Tejawiani. 2022. “Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(6):1659. Doi: 10.33578/Jpfkip.V11i6.9307.
  11. Ihsan, Dian. 2023. “10 Kekerasan Seksual Terjadi Di Sekolah Pada 2023, 86 Anak Jadi Korban.” Kompas.Com.
  12. Juwita, Erna. 2014. “Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Melalui Kegiatan Palang Merah Remaja (Pmr) Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Melalui Kegiatan Palang Merah Remaja (Pmr) Di Smk Negeri 10 Surabaya.” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 769–83.
  13. Kemedikbud. 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, Khususnya Kurikulum Merdeka 2022/2023.
  14. Lauxavandani, Dickenvi. 2022a. “Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.”
  15. Lauxavandani, Dickenvi. 2022b. “Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.”
  16. Meindrawati, Eni, Novi Mayasari, And Heru Ismaya. 2022. “Implementasi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa Smp.” Jurnal Pendidikan Edutama 1–6.
  17. Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
  18. Ningsih, Tutuk. 2020. Sosiologi Pendidikan.Banyumas:Rizquna
  19. Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, And Nugraheni Rachmawati. 2022a. “Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6:2640–3648.
  20. Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, And Nugraheni Rachmawati. 2022b. “Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6:2640–3648.
  21. Purwanto, Sandi. 2022a. “Batik Spero Sebagai Kearifan Lokal Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 8:322–32.
  22. Purwanto, Sandi. 2022b. “Batik Spero Sebagai Kearifan Lokal Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 8:322–32.
  23. Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, And Prihantini Prihantini. 2022a. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
  24. Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, And Prihantini Prihantini. 2022b. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
  25. Rahmat, Abdul. 2018. Sosiologi Pendidikan. Gorontalo : Ideaspublishing.
  26. Rasyid Julianto, Indra, And Annisa Sauvika Umami. 2022. “Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Prosiding Samasta : Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.
  27. Rohmah, Nadia, Sholeh Hidayat, And Lukman Nulhakim. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa.” Jurmal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1). Doi: 10.23887/Jipp.V5i1.
  28. Romadhon, Engelbertus Kukuh Widijatmoko, And Noor Desyta Indriani. 2022. “Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pramuka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya 6:615–24.
  29. Sudibya, I. Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, And Ni Luh Sustiawati. 2022a. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik 5(2):25–38.
  30. Sudibya, I. Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, And Ni Luh Sustiawati. 2022b. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik 5(2):25–38.
  31. Vanisha, Dinda A. Y. U. 2022. “Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Kearifan Lokal) Kelas Iv Di Sd Muhammadiyah 4 Batu.” 1–67.
  32. Yupidus, And Hadion Wijoyo. 20223. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha 5(2686–1194):14–23.
  33. Zuriah, Nurul, And Hari Sunaryo. 2022. “Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru Ppkn Di Sekolah Dasar.” 7(1):71–87. Doi: 10.22219/Jch.V7i1.20582.