Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tantangan penerapan Profil Pelajar Pancasila serta mengetahui tantangan dalam penerapannya di SMP Negeri 15 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan dan menjelaskan studi kasus yang terjadi di SMPN 15 Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila diterapkan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui masing-masing kegiatan menggambarkan enam dimensi karakter yaitu (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) Berkebhinekaan global; (3) Bergotong royong; (4) Mandiri; (5); Bernalar kritis; (6) Bergotong royong. Dengan pendekatan analisis pendidikan moral Durkheim memberikan kontribusi dalam mengembangkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila sebagai pendekatan struktural fungsional agar siswa dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosial yang dalam prosesnya memperhatikan tiga unsur yaitu semangat disiplin, keterikatan terhadap kelompok dan otonomi terhadap diri sendiri. Adapun tantangan dalam menerapkan nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu pada kegiatan intrakurikuler seperti karakter siswa yang berbeda-beda dan ketersediaan sarana dan prasarana. Pada kegiatan ekstrakurikuler seperti kekurangan pelatih dan waktu pengajaran yang terbatas. Pada kegiatan kokurikuler seperti perencanaan proyek dan waktu yang banyak dalam pelaksanaan kegiatannya.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Copyright noticeof the Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) is as follows :
The author who submits the manuscript must understand and agree that the copyrights published are held by Jurnal Sosiologi Nusantara. Copyright includes rights to reproduce, distribute and sell every part of journal articles in all forms and media. This is for download the copyright transfer form for signed by the corresponding author. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Sosiologi Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Then, you are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Referensi
-
DAFTAR PUSTAKA
Annisa, Marcella Nurul, Dinie Anggraeni Dewi, And Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peran Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:7286–91.
Anwar, Sakaria To, Hasbi, And Ridwan Syam. 2022. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Arif M. 2022. Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1, No. 2, h. 1-14
Baharuddin, And Nur Latifah. 2022. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membangun
Kesehatan Moral Masyarakat.” Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 13:24–32.
Creswell, John W. 2021. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahliyana, Asep. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Di Sekolah.” Jurnal Sosioreligi 15(1):54–64.
Firmansyah, Deri. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (Jiph) 1(2):85–114.
Hadian, Tantan, Rachmat Mulyana, Nana Mulyana, And Ida Tejawiani. 2022. “Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(6):1659. Doi: 10.33578/Jpfkip.V11i6.9307.
Ihsan, Dian. 2023. “10 Kekerasan Seksual Terjadi Di Sekolah Pada 2023, 86 Anak Jadi Korban.” Kompas.Com.
Juwita, Erna. 2014. “Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Melalui Kegiatan Palang Merah Remaja (Pmr) Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Melalui Kegiatan Palang Merah Remaja (Pmr) Di Smk Negeri 10 Surabaya.” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 769–83.
Kemedikbud. 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, Khususnya Kurikulum Merdeka 2022/2023.
Lauxavandani, Dickenvi. 2022a. “Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.”
Lauxavandani, Dickenvi. 2022b. “Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.”
Meindrawati, Eni, Novi Mayasari, And Heru Ismaya. 2022. “Implementasi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa Smp.” Jurnal Pendidikan Edutama 1–6.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, Tutuk. 2020. Sosiologi Pendidikan.Banyumas:Rizquna
Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, And Nugraheni Rachmawati. 2022a. “Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6:2640–3648.
Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, And Nugraheni Rachmawati. 2022b. “Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6:2640–3648.
Purwanto, Sandi. 2022a. “Batik Spero Sebagai Kearifan Lokal Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 8:322–32.
Purwanto, Sandi. 2022b. “Batik Spero Sebagai Kearifan Lokal Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 8:322–32.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, And Prihantini Prihantini. 2022a. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, And Prihantini Prihantini. 2022b. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
Rahmat, Abdul. 2018. Sosiologi Pendidikan. Gorontalo : Ideaspublishing.
Rasyid Julianto, Indra, And Annisa Sauvika Umami. 2022. “Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Prosiding Samasta : Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Rohmah, Nadia, Sholeh Hidayat, And Lukman Nulhakim. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa.” Jurmal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1). Doi: 10.23887/Jipp.V5i1.
Romadhon, Engelbertus Kukuh Widijatmoko, And Noor Desyta Indriani. 2022. “Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pramuka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya 6:615–24.
Sudibya, I. Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, And Ni Luh Sustiawati. 2022a. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik 5(2):25–38.
Sudibya, I. Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, And Ni Luh Sustiawati. 2022b. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik 5(2):25–38.
Vanisha, Dinda A. Y. U. 2022. “Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Kearifan Lokal) Kelas Iv Di Sd Muhammadiyah 4 Batu.” 1–67.
Yupidus, And Hadion Wijoyo. 20223. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha 5(2686–1194):14–23.
Zuriah, Nurul, And Hari Sunaryo. 2022. “Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru Ppkn Di Sekolah Dasar.” 7(1):71–87. Doi: 10.22219/Jch.V7i1.20582.
Referensi
Annisa, Marcella Nurul, Dinie Anggraeni Dewi, And Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peran Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:7286–91.
Anwar, Sakaria To, Hasbi, And Ridwan Syam. 2022. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Arif M. 2022. Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1, No. 2, h. 1-14
Baharuddin, And Nur Latifah. 2022. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membangun
Kesehatan Moral Masyarakat.” Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 13:24–32.
Creswell, John W. 2021. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahliyana, Asep. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Di Sekolah.” Jurnal Sosioreligi 15(1):54–64.
Firmansyah, Deri. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (Jiph) 1(2):85–114.
Hadian, Tantan, Rachmat Mulyana, Nana Mulyana, And Ida Tejawiani. 2022. “Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(6):1659. Doi: 10.33578/Jpfkip.V11i6.9307.
Ihsan, Dian. 2023. “10 Kekerasan Seksual Terjadi Di Sekolah Pada 2023, 86 Anak Jadi Korban.” Kompas.Com.
Juwita, Erna. 2014. “Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Melalui Kegiatan Palang Merah Remaja (Pmr) Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Melalui Kegiatan Palang Merah Remaja (Pmr) Di Smk Negeri 10 Surabaya.” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 769–83.
Kemedikbud. 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, Khususnya Kurikulum Merdeka 2022/2023.
Lauxavandani, Dickenvi. 2022a. “Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.”
Lauxavandani, Dickenvi. 2022b. “Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.”
Meindrawati, Eni, Novi Mayasari, And Heru Ismaya. 2022. “Implementasi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa Smp.” Jurnal Pendidikan Edutama 1–6.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, Tutuk. 2020. Sosiologi Pendidikan.Banyumas:Rizquna
Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, And Nugraheni Rachmawati. 2022a. “Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6:2640–3648.
Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, And Nugraheni Rachmawati. 2022b. “Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6:2640–3648.
Purwanto, Sandi. 2022a. “Batik Spero Sebagai Kearifan Lokal Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 8:322–32.
Purwanto, Sandi. 2022b. “Batik Spero Sebagai Kearifan Lokal Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 8:322–32.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, And Prihantini Prihantini. 2022a. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, And Prihantini Prihantini. 2022b. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
Rahmat, Abdul. 2018. Sosiologi Pendidikan. Gorontalo : Ideaspublishing.
Rasyid Julianto, Indra, And Annisa Sauvika Umami. 2022. “Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Prosiding Samasta : Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Rohmah, Nadia, Sholeh Hidayat, And Lukman Nulhakim. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa.” Jurmal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1). Doi: 10.23887/Jipp.V5i1.
Romadhon, Engelbertus Kukuh Widijatmoko, And Noor Desyta Indriani. 2022. “Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pramuka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya 6:615–24.
Sudibya, I. Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, And Ni Luh Sustiawati. 2022a. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik 5(2):25–38.
Sudibya, I. Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, And Ni Luh Sustiawati. 2022b. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik 5(2):25–38.
Vanisha, Dinda A. Y. U. 2022. “Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Kearifan Lokal) Kelas Iv Di Sd Muhammadiyah 4 Batu.” 1–67.
Yupidus, And Hadion Wijoyo. 20223. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha 5(2686–1194):14–23.
Zuriah, Nurul, And Hari Sunaryo. 2022. “Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru Ppkn Di Sekolah Dasar.” 7(1):71–87. Doi: 10.22219/Jch.V7i1.20582.