Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengkaji mengenai industri kreatif di bidang endek yaitu Ayu Windy Tenun Ikat yang berkembang sebagai salah satu usaha fesyen sebagai usaha pelestarian budaya Bali yaitu endek. Industri kreatif semakin digencarkan guna pengembangan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Perkembangan mengenai pengembangan industri berbasis pariwisata dilakukan guna meningkatkan perekonomian daerah tanpa mengesampingkan aspek sosial budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus guna memenuhi kebutuhan atas pemahaman mendetail, lengkap serta komperehensif terhadap permasalahan dengan perolehan data bersifat variatif dan berlimpah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa Ayu Windy Tenun Ikat merupakan industri kreatif fesyen menggunakan warisan budaya selalu mengimplementasi kreativitas dalam setiap inovasinya. Ayu Windy Tenun Ikat mampu menjadi actor yang inovatif, aktor penjaga warisan budaya dengan langkah konkritnya yang mampu membalikkan wacana dominan, sekaligus mampu ikut ambil bagian dalam meningkatkan perekonomian dan mendukung perkembangan pariwisata Bali. Semangat melestarikan dieksekusi dengan praktik sosial komodifikasi kain endek menjadi berbagai produk fesyen dengan sentuhan modern seperti bando, polo T-Shirts, taplak meja, sarung bantal, sandal, dan sebagainya. Praktik sosial komodifikasi kain endek dalam UMKM Ayu Windy Tenun Ikat dimulai dari pembatinan nilai sosial seorang perempuan, keinginan memiliki usaha, ekspansi ekonomi yang didukung oleh terakumulasi berbagai macam modal (sosial, kapital, budaya dan simbolik) yang tersedia di lingkungannya. Pemanfaatan ranah fisik dan non fisik sangat penting untuk dilakukan dalam rangka ekspansi nama bisnis dan penjualan produk.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Copyright noticeof the Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) is as follows :
The author who submits the manuscript must understand and agree that the copyrights published are held by Jurnal Sosiologi Nusantara. Copyright includes rights to reproduce, distribute and sell every part of journal articles in all forms and media. This is for download the copyright transfer form for signed by the corresponding author. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Sosiologi Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Then, you are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Referensi
-
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aleksandrova, A. (2021). Covid-Based Neologisms in Media Texts. KNOWLEDGE-International Journal, 46(6), 993–996. https://doi.org/10.38003/zrffs.15.4
Amsari, S., Sy, S. E., & Windu Anggara, M. E. (2023). Ekonomi Kreatif. umsu press.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 1, 292–301. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/ senada/article/view/68
Ariani, N. M. (2019). Pengembangan Kain Endek sebagai Produk Penunjang Pariwisata Budaya di Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), 146–159. https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2.154
Arika, D., Syarief, E., & Amboro, Y. P. (2023). Perlindungan Hukum Atas Mode Pakaian Sebagai Desain Industri Di Indonesia. Jurnal Yustisiabel, 7(2), 264–283. https://doi.org/10.32529/yustisiabel.v7i2.2429
Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, & Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. (2023, October 13). Siaran Pers: Menparekraf: Tenaga Kerja Sektor Ekonomi Kreatif Terbukti Lebih Cepat Pulih dari Pandemi.
Dantes, N. (2012). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Fathurokhmah, F. (2023). Wacana Kritis Klaim Kebenaran Isu Keagamaan Masa Krisis Di Media Sosial-Damera Press. Damera Press.
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2020). Pierre Bourdieu dan konsep dasar kekerasan simbolik. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 41–60. https://doi.org/10.52166/madani.v12i1.3280
Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., Mukhlis, I. R., Aksenta, A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Efdison, Z. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian dengan Teknologi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Nurwahidah, M., Abdullah, A., & Fachrurazi, F. (2022). Manajemen Keuangan. Penerbit Widina. https://doi.org/10.22225/politicos. 3.1.2023.59-75
Pramestisari, N. A. S., Kebayatini, N. L. N., & Putra, K. A. D. (2023). Komodifikasi Nilai Kesakralan (Transformasi Fungsi Ruang Dalam Perspektif Heterotopia di Pura Dalem Ped). POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 3(1), 59–75.
Pratama, B. I., Anggraini, C., Pratama, M. R., Illahi, A. K., & Ari, D. P. S. (2021). Metode Analisis Isi (Metode Penelitian Populer Ilmu-Ilmu Sosial). UNISMA PRESS.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rajab, B. (2022). PEMBENTUKAN MODAL SOSIAL DAN KEPENTINGAN EKONOMI-POLITIK NEGARA. Jurnal Interaksi Sosiologi, 1(1), 79–121. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/6556
Sakinah, N. A., & Sakti, A. W. (2024). Adaptasi Naga Air Film Raya and The Last Dragon pada Busana Kreasi. Journal on Education, 6(2), 13662–13669. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5096
Sari, N. M., & Retnaningsih, E. (2020). Strategi Pengembangan Science Techno Park melalui Ekosistem Inovasi dalam Rangka Peningkatan daya Saing Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.46774/pptk.v12i1.114
Suketi, N. N. (2020). Kedudukan Perempuan Dalam Perspektif Hukum Waris Bali. Indonesia Prime.
Sulistyadi, Y., Eddyono, F., & Entas, D. (2019). Pariwisata Berkelanjutan dalam Perspektif Pariwisata Budaya di Taman Hutan Raya Banten. Uwais Inspirasi Indonesia.
Syahbudi, M., & Ma, S. E. I. (2021). Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). Merdeka Kreasi Group.
Wulandari, P. K., Saraswati, D., & Damayanti, G. (2020). Ketahanan Sosial Pemuda Dalam Pengelolaan Wisata Budaya (Studi Pada Yayasan Lasem Heritage Di Lasem, Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 249–272. https://doi.org/10.22146/jkn.56994
Zahra, A., & Hendrawan, A. (2017). Pemanfaatan Konsep Dekonstruksi Fashion Pada Lembaran Denim Sebagai Aplikasi Produk Fashion. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 266–275. http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v5i3.345
Referensi
Aleksandrova, A. (2021). Covid-Based Neologisms in Media Texts. KNOWLEDGE-International Journal, 46(6), 993–996. https://doi.org/10.38003/zrffs.15.4
Amsari, S., Sy, S. E., & Windu Anggara, M. E. (2023). Ekonomi Kreatif. umsu press.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 1, 292–301. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/ senada/article/view/68
Ariani, N. M. (2019). Pengembangan Kain Endek sebagai Produk Penunjang Pariwisata Budaya di Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), 146–159. https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2.154
Arika, D., Syarief, E., & Amboro, Y. P. (2023). Perlindungan Hukum Atas Mode Pakaian Sebagai Desain Industri Di Indonesia. Jurnal Yustisiabel, 7(2), 264–283. https://doi.org/10.32529/yustisiabel.v7i2.2429
Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, & Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. (2023, October 13). Siaran Pers: Menparekraf: Tenaga Kerja Sektor Ekonomi Kreatif Terbukti Lebih Cepat Pulih dari Pandemi.
Dantes, N. (2012). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Fathurokhmah, F. (2023). Wacana Kritis Klaim Kebenaran Isu Keagamaan Masa Krisis Di Media Sosial-Damera Press. Damera Press.
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2020). Pierre Bourdieu dan konsep dasar kekerasan simbolik. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 41–60. https://doi.org/10.52166/madani.v12i1.3280
Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., Mukhlis, I. R., Aksenta, A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Efdison, Z. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian dengan Teknologi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Nurwahidah, M., Abdullah, A., & Fachrurazi, F. (2022). Manajemen Keuangan. Penerbit Widina. https://doi.org/10.22225/politicos. 3.1.2023.59-75
Pramestisari, N. A. S., Kebayatini, N. L. N., & Putra, K. A. D. (2023). Komodifikasi Nilai Kesakralan (Transformasi Fungsi Ruang Dalam Perspektif Heterotopia di Pura Dalem Ped). POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 3(1), 59–75.
Pratama, B. I., Anggraini, C., Pratama, M. R., Illahi, A. K., & Ari, D. P. S. (2021). Metode Analisis Isi (Metode Penelitian Populer Ilmu-Ilmu Sosial). UNISMA PRESS.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rajab, B. (2022). PEMBENTUKAN MODAL SOSIAL DAN KEPENTINGAN EKONOMI-POLITIK NEGARA. Jurnal Interaksi Sosiologi, 1(1), 79–121. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/6556
Sakinah, N. A., & Sakti, A. W. (2024). Adaptasi Naga Air Film Raya and The Last Dragon pada Busana Kreasi. Journal on Education, 6(2), 13662–13669. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5096
Sari, N. M., & Retnaningsih, E. (2020). Strategi Pengembangan Science Techno Park melalui Ekosistem Inovasi dalam Rangka Peningkatan daya Saing Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.46774/pptk.v12i1.114
Suketi, N. N. (2020). Kedudukan Perempuan Dalam Perspektif Hukum Waris Bali. Indonesia Prime.
Sulistyadi, Y., Eddyono, F., & Entas, D. (2019). Pariwisata Berkelanjutan dalam Perspektif Pariwisata Budaya di Taman Hutan Raya Banten. Uwais Inspirasi Indonesia.
Syahbudi, M., & Ma, S. E. I. (2021). Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). Merdeka Kreasi Group.
Wulandari, P. K., Saraswati, D., & Damayanti, G. (2020). Ketahanan Sosial Pemuda Dalam Pengelolaan Wisata Budaya (Studi Pada Yayasan Lasem Heritage Di Lasem, Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 249–272. https://doi.org/10.22146/jkn.56994
Zahra, A., & Hendrawan, A. (2017). Pemanfaatan Konsep Dekonstruksi Fashion Pada Lembaran Denim Sebagai Aplikasi Produk Fashion. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 266–275. http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v5i3.345