Isi Artikel Utama

Abstrak

Proses pembentukan citra diri pada media sosial Instagram sebagai pengelolaan kesan yang di bentuk untuk memberikan kesan positif terhadap orang lain, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan memfokuskan pada proses pembentukan citra diri pada media   sosial   instagram    menggunakan    teori   dramaturgi Erving Goffman. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus dengan menyelidiki  bagaimana  proses akun @Roro_yustina sebagai seorang selebgram membentuk citra dirinya  melalui  akun  media  sosial Instagramnya dengan teknis wawancara untuk mendapatkan hasil data. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pembentukan citra diri pada sosial media menjadi sangat penting khususnya pada selebgram, karena hal yang pertama di lihat di public yaitu citra diri yang dapat mempengaruhi kesan pertama kali orang lain. Roro Yustina sebagai selebgram berhasil membentuk citra diri yang baik pertama kali dengan cara melakukan self-presentation dan impression management sesuai dengan konsep teori dramaturgi. Hal itu dilakukan dengan cara Roro Yustina dapat mempertahankan dan mengontrol kesan yang diberikan kepada para pengikutnya secara baik. Selain itu juga dengan teori erving Goffman khususnya front stage dan back stage dapat dilihat bahwa Roro Yustina sebagai selebgram ini hanya membagikan hal-hal yang positif saja terhadap pengikutnya, di satu sisi lain ada beberapa hal yang tidak dibagikan seperti kehidupan dan sikap pribadi nya pada panggung belakang atau back stage.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Proses Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Selebgram @Roro_Yustina): Proses Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Selebgram @Roro_Yustina). (2024). Jurnal Sosiologi Nusantara, 10(1), 65–81. https://doi.org/10.33369/jsn.10.1.65-81

Referensi

    Amelia, Luky, and Saiful Amin. 2022. “Analisis Self-Presenting Dalam Teori Dramaturgi Erving Goffman Pada Tampilan Instagram Mahasiswa.” Jurnal Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 1(2):173–87. doi: 10.18860/dsjpips.v1i2.1619.
    Asry, Nahdatunnisa, Lisda Ariani Simabur, and Wahyuni Bailussy. 2022. “Communication Patterns in the Perspective of Dramaturgical Theory.” Palakka : Media and Islamic Communication 3(2):112–21. doi: 10.30863/palakka.v3i2.3457.
    Fadiyah, Dina, and Jimmy Simorangkir. 2021. “Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Membangun Citra Positif Presiden Joko Widodo Pada Pilpres 2019.” Journal of Political Issues 3(1):13–27. doi: 10.33019/jpi.v3i1.48.
    Lestari, Anggita, Muhammad Dandi Maulana, Achwan Noorlistyo Adi, Shinta Hartini Putri, Hanafi Hanafi, and Faisal Reza. 2024. “Self-Presentation of Mistresses (Erving Goffman’s Dramaturgy Study of Mistresses ‘Ani-Ani’ in Bandung).” International Journal of Research in Community Services 5(1):9–13. doi: 10.46336/ijrcs.v5i1.564.
    Merunková, Lucie, and Josef Šlerka. 2019. Goffman´s Theory as a Framework for Analysis of Self Presentation on Online Social Networks. Vol. 13.
    Purnamasari, Ayu, and Veby Agustin. 2019. “Hubungan Citra Diri Dengan Perilaku
    Narsisisme Pada Remaja Putri Pengguna Instagram Di Kota Prabumulih.” Jurnal Psibernetika 11(2):115–32. doi: 10.30813/psibernetika.v11i2.1438.
    Putri, Nabila Saridilla Reza, and Farida Farida. 2018. “Pembentukan Citra Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya Dalam Instagram.” Jurnal Kajian Media 2(2):120–30. doi: 10.25139/jkm.v2i2.1380.
    Restusari, Firda Nurafifah, and Nuke Farida. 2019. “Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane).” Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi 3(2):176–86. doi: 10.35760/mkm.2019.v3i2.2340.
    Rizal, Muhammad, Ardiansah Putra, Muhammad Nadjib, Muhammad Akbar, Universitas Muhammadiyah Buton, Universitas Hasanuddin, and Universitas Hasanuddin. 2019. “Kemanfaatan Instagram Dalam Pembentukan Citra Diri Remaja Wanita Di Makassar the Use of Instagram in the Formation of the Self-Image of Teenage Women in Makassar.” Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi II(I):1–10. doi: https://doi.org/10.35326/medialog.v2i1.148.
    Saputera, Revina, and Daniel Tamburian. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Endorser Dalam Membangun Citra Diri.” Prologia 2(2):473. doi: 10.24912/pr.v2i2.3732.
    Satyanandani, Ketut Anindita, Merry Fridha Tri Palupi, and Mohammad Insan Romadhan. 2023. “Citra Diri Virtual Pada Pengguna Instagram (Studi Dramaturgi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya).” Jurnal Representamen 9(01):87–97. doi: 10.30996/representamen.v9i01.7446.
    Sholichah, M., and P. Febriana. 2022. “Konstruksi Citra Diri Dalam Media Baru Melalui Aplikasi Instagram (Analisis Semiotik Postingan Instagram@ Mayudyayunda).” Jurnal Spektrum Komunikasi 1–9.
    Situmorang, WInda Romaboida, and Rahma Hayati. 2023. “Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi Dan Representasi Diri.” Jurnal Sosiologi Nusantara 9(2):253–66. doi: ://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118.
    The, Vien Audrey, and Fransiska Kirana Gita Jayanti. 2022. “Pembentukan Personal Brand Dan Citra Pada Selebgram Melalui Aplikasi Instagram (Studi Kasus: Ashira Zamita).” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 6(4):2598–9944. doi: 10.36312/jisip.v6i4.3566/http.
    Xiao, Angeline. 2018. “Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat.” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika 7(2). doi: 10.31504/komunika.v7i2.1486.
    Yustina, Roro, (2023, November 6). Wawancara Pribadi