Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan lingkungan sekolah dengan penyesuaian sosial siswa akselerasi. Teknik penetapan sampel menggunakan “total sampling”. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Analisa data dilakukan dengan pengeditan data, coding (pengkodean) data dan setelah itu dianalisis dengan menggunakan product moment, korelasi partial, korelasi ganda, sampai pada penarikan kesimpulan untuk mendapatkan konsep-konsep sebagai hasil penelitian. Temuan dilapangan mengindikasikan bahwa penyesuaian sosial siswa akselarasi dipengaruhi oleh variabel konsep diri, dan lingkungan sekolah. Fakta dilapangan menunjukkan: pertama, sebenarnya variabel konsep diri berpengaruh terhadap penyesuaian sosial dengan taraf signifikansi 95%. Kedua : variabel lingkungan sekolah berpengaruh terhadap penyesuaian sosial dengan taraf signifikansi 95%. Ketiga: variabel konsep diri dan lingkungan sekolah secara bersama-samamempengaruhi atau berpengaruh positif terhadap penyesuaian sosial siswa akselerasi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah penyesuaian sosial siswa akselerasi dipengaruhi variabel konsep diri dan lingkungan sekolah pada taraf signifikan 95% dengan besar pengaruhnya sebesar 41%.

 

Kata Kunci : Konsep Diri, Lingkungan Sekolah, Penyesuaian Sosial Siswa Akselerasi

Article Details

How to Cite
Zahra, S., Pribadi, H., & Wardaya, S. (2019). HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS AKSELERASI (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kota Bengkulu). Jurnal Sosiologi Nusantara, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jsn.2.1.1-8

References

  1. Hawadi, R.A. 2004. Akselerasi (A-Z Informasi Program Percepatan dan Anak Berbakat Intelektual). Jakarta: Gramedia.
  2. Schneiders, A.A. 1964. Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt Rineheart & Winston.
  3. Singarimbuan, Masri dan Sofian Efendi. 1985. Metode Penelitian Survey. Jakarta:LP3ES.