Main Article Content

Abstract

Mind mapping sering digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik di berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Sedangkan flash fiction merupakan salah satu jenis cerpen yang mempunyai keunikan tersendiri dari segi bentuk dan karakteristiknya. Penelitian ini mengeksplorasi perpaduan mind mapping yang diterapkan dalam penulisan flash fiction sebagai upaya mendekatkan sastra terutama cerpen. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses menulis flash fiction dengan memanfaatkan mind mapping. Hal ini merupakan kolaborasi teknik untuk menfokuskan peserta didik dalam menuangkan ide pada proses penulisan buku antologi flash fiction. Jenis  penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D). Model yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu model 4D. Namun, tahapan dalam penelitian ini terdiri dari define dan design. Tahap define adalah proses pengumpulan riset awal yang dilakukan dengan kuesioner pada peserta didik serta melakukan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan Guru Seni Budaya. Pada tahap design, penelitian ini mengikuti langkah penulisan cerpen pada umumnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik terbantu menulis flash fiction dengan memanfaatkan mind mapping terdiri dari (1) tahapan pramenulis, (2) tahapan pembuatan draf (mind mapping), (3) tahapan penulisan (flash fiction), (4) tahapan penyuntingan, dan (5) tahapan publikasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa mind mapping membantu peserta didik dalam menulis flash fiction sebagai bahan buku antologi yang mencerminkan semangat literasi sehingga membudaya dalam ruang gerak pembelajaran sastra.

Keywords

Flash fiction, Menulis Cerpen, Mind mapping

Article Details

Author Biographies

Khusnul Fatimah, Universitas Islam Malang

Mahasiswa Universitas Islam Malang

Imrotin Imrotin, Universitas Islam Malang

Dosen Universitas Islam Malang

Moh Badrih, Universitas Islam Malang

Dosen Universitas Islam Malang

Dwi Tjahyaningrum, Universitas Islam Malang

Dosen Universitas Islam Malang

References

  1. Ahmad, D. E. (2019). Perbandingan Model Pembelajarab Sinektik dan Mind Mapping dalam Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Negeri Makassar.
  2. Al-Sharqi, L., & Abbasi, I. S. (2015). Flash fiction: A unique writer-reader partnership. Studies in Literature and Language, 11(1), 52–56.
  3. Albinus, S. (2017). Development Research (Penelitian Pengembangan) Dan Research & Development(Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Disertasi, Universitas Negeri Medan.
  4. Budiyanto, D., Hartono, H., & Suroso, S. (2022). Bentuk dan karakteristik Fiksimini di platform sosial media Twitter dan Instagram. LITERA, 21(2).
  5. Dewi, A. M. S. (2019). Majalah Dinding sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Jurnal IKA, 17(2), 171.
  6. Hastuti, S., Slamet, Sumarwati, & Rakhmawati, A. (2023). Short Story Writing Learning Based on Local Wisdom with Digital Book Media for University Students. International Journal of Instruction, 16(1), 821–832. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16146a
  7. Husni, M. (2018). Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) Dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak. AL-IBRAH, 3(1), 110–126.
  8. Lastari, N. K., & Saraswati, P. R. (2018). The use of mind mapping to improve writing skill of the eighth grade students of junior high school. Journal of Applied Studies in Language, 2(2). https://doi.org/10.31940/jasl.v2i2.1057
  9. Marlinda, T., Thahar, H. E., & Basri, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 362–367.
  10. Mokalu, H. M., Kilis, B. M. H., & Memah, V. F. C. (2022). Pengembangan Modul Dasar Instalasi Listrik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Manado. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 17–20.
  11. Naghmeh-Abbaspour, B., & Rastgoo, V. (2020). Analysis for finding the effect of mind mapping technique on the iranian english as foreign language learning’ writing skills. Texto Livre, 13(2). https://doi.org/10.35699/1983-3652.2020.24559
  12. Prasetyo, I. (2012). Teknik analisis data dalam research and development. Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
  13. Purba, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Berdasarkan Teks Cerita Pendek oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2015/2016. UNIMED.
  14. Puspita, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas X SMA Negeri 02 Bengkulu Tengah dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3456
  15. Rejo, U. (2020). Karakteristik Jenis Teks Sastra Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 72–87.
  16. Rejo, U., & Kharisma, G. I. (2021). Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Penulisan Kreatif Teks Cerita Pendek di SMP Negeri Kota Baru Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 52–60.
  17. Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.9236
  18. Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Bumi Aksara.
  19. Rosalita, E. (2014). Penerapan teknik menulis fiksi mini dalam pembelajaran menulis cerpen. In Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, Issue 2).
  20. Sahutni, R. U., Wartiningsih, A., & Syahrani, A. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(8), 855–865.
  21. Sairo, M. I., Ratminingsih, N. M., & Sudira, I. G. A. (2021). Using Digital Mind Mapping to Improve Writing Skills. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 271. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.39933
  22. Sumiaty, S. (2022). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Deskripsi Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Tapen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 2(2), 85–92.
  23. Syarifudin, F. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Wistara, III(2).
  24. Tarigan, B., & Dewi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Course Riview Horay guna Peningkatan Menelaah Teks Cerpen oleh Siswa Kelas XI SMK Delima Sari Tiga Juhar Tahun Pembelajaran 2021/2022.
  25. Wahyuni, P. R. (2020). Cerpen remaja pada Aplikasi Wattpad. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4743, 65–74.
  26. Wahyuni, V. I., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Efektivitas Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 351–366.
  27. Yanuar, D. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 119. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5288
  28. Yulistio, D., & Fhitri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL (Content and Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1). https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7342
  29. Zainudin, M. (2017). Melatih Keterampilan Menulis Mahasiswa Keperawatan STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto Melalui Menulis Flash Fiction. Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang, 5(1).