Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi setelah diterapkan pendekatan student centered learning pada matakuliah Strategi Pembelajan Fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 komponen diataranya; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNIB semester III tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan gambaran terhadap tes dan observasi oleh observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Penerapan pendekatan Student Centered Learning pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, dan keterampilan komunikatif mahasiswa Pendidikan Fisika semester III dari siklus satu sampai ke tiga.
Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi
ABSTRACT
This study aims to describe the improvement of creative thinking skills and communication skills after applying the student centered learning approach to the Physics Learning Strategies Course. This research used a descriptive statistical approach. This research was a classroom action research (CAR) and consisted of 3 cycles, each cycle consisting of 4 components; planning, action, observation and reflection. The subjects in this study were all students of physics education FKIP UNIB semester III of 2019/2020 school year consisting of 25 people. The instruments used to collect data in this study were observation sheets. The research analysis was carried out using descriptive statistics, namely to describe the description of the test and observation by the observer. Based on the results of the study it can be concluded that the application of the Student Centered Learning approach to Physics Learning Strategy courses can improve creative thinking skills and communicative skills of Physics Education students in the third semester from cycle one to three.
Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi
Rincian Artikel
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mursidik, E. s. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). KemampuanBerpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari TingkatKemampuan Matematika SiswaSekolah Dasar. PEDAGOGIA, 4(1), 23-33.
- Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad 21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema "Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, (hal. 4). Kalimantan Barat,
- Noviyanti, M. (2011). Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontesktual Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Pendidikan.
- Harsono. 2008. Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. “Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia”. Vol. 3 (1)
- Kustijono, R., 2011, Implementasi Student Centered Learning Dalam Praktikum Fisika Dasar, JPFA, No. 2, Vol. 1, hal 19-32
- Santyasa, I W., 2018, Student Centered Learning: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional, seminar Nasional Quantum #25 hal. 2477-1511
- Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Kemdikbud .2017. Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
- Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group
- Santyasa,I.W., Warphala, I.W.S., & Tegeh ,I.M. (2015). Validasi Dan Implementasi Model-Model Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 4, No.1, April 2015.
- Mahmudi, A. (2010). Pengaruh pembelajaran dengan strategi MHM berbasis masalah Terhadap kemampuan berpikir kreatif, Kemampuan pemecahan masalah, dan disposisi matematis, serta persepsi terhadap kreativitas. Universitas Pendidikan Indonesia.
Referensi
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mursidik, E. s. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). KemampuanBerpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari TingkatKemampuan Matematika SiswaSekolah Dasar. PEDAGOGIA, 4(1), 23-33.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad 21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema "Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, (hal. 4). Kalimantan Barat,
Noviyanti, M. (2011). Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontesktual Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Pendidikan.
Harsono. 2008. Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. “Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia”. Vol. 3 (1)
Kustijono, R., 2011, Implementasi Student Centered Learning Dalam Praktikum Fisika Dasar, JPFA, No. 2, Vol. 1, hal 19-32
Santyasa, I W., 2018, Student Centered Learning: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional, seminar Nasional Quantum #25 hal. 2477-1511
Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kemdikbud .2017. Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group
Santyasa,I.W., Warphala, I.W.S., & Tegeh ,I.M. (2015). Validasi Dan Implementasi Model-Model Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 4, No.1, April 2015.
Mahmudi, A. (2010). Pengaruh pembelajaran dengan strategi MHM berbasis masalah Terhadap kemampuan berpikir kreatif, Kemampuan pemecahan masalah, dan disposisi matematis, serta persepsi terhadap kreativitas. Universitas Pendidikan Indonesia.