Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif metode survey yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah yang dialami guru fisika SMA se-kabupaten rejang  lebong dalam menerapkan kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah 9 guru fisika sma yang terdiri dari 3 orang masing-masing sekolah yaitu SMA 1, SMA 2 dan SMA 8 Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian angket dan wawancara responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada tahap perencanaan sebesar 48%, tahap pelaksanaan sebesar 51,49% dan tahap evaluasi sebesar 55,79%. kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada tahap perencanaan sebesar 75,56%, tahap pelaksanaan sebesar 92,93% dan tahap evaluasi sebesar 94,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru mengalami kesulitan dan hambatan dalam menerapkan kurikulum 2013.

 

Kata kunci:  Kurikulum 2013, Kesulitan guru, Hambatan guru, Tahap perencanaan, Tahap pelaksanaan, dan Tahap evaluasi.

ABSTRACT

 

This research was a qualitative descriptive research survey method that aimed to describe the problems Rejang Lebong district high school physics teacher in implementing the 2013 curriculum. The subject of this research was the 9 teachers of physics, consisting of 3 individual schools, namely SMA 1, SMA 2 and SMA 8 Regency Rejang Lebong. This research was done by filling the poll and interview respondents.The result of this research showed that the teacher’s barriers to applying the 2013 curriculum at the planning stage of 48%, of the implementation stage of 51,49%, and the evaluation stage of 55,79%. The difficulties were faced by teachers in implementing the 2013 curriculum at the planning stage of 75.56%, the implementation stage of 92.93% and evaluation stage of 94.14%. Based on the results the study can be concluded that teachers have difficulties and obstacles in implementing the 2013 curriculum.

 

Keyword: Curriculum 2013, Teacher difficulties,teacher barriers, planning stage, implementation stage, and stage evaluation

Article Details

How to Cite
Alfandry, Z., Medriati, R., & Rohadi, N. (2021). DESKRIPSI HAMBATAN DAN KESULITAN GURU FISIKA SMA SE-KABUPATEN REJANG LEBONG DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.1-8

References

  1. Anwar R. Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. J Pendidik. 2013;1:97–106.
  2. Musfiqon N. Pendekatan Saintifik. 1st ed. Nurdyansyah, editor. Sidoarjo: Nizamia Learning Center; 2015. 18–27 p.
  3. Kemendikbud. Permendikbud. Kemendikbud [Internet]. 2013;10–5. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/kemendikbud
  4. Lamote H. Kesulitan-Kesulitan GuruMatematika dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Madrasah. J Pendidik [Internet]. 2017;10(1):55–72. Available from: http://journal.unj.ac.id/index.php/jipi
  5. Kustijono R, Kustijono R. Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika smk di kota surabaya. 2014;4(1):1–14.
  6. Mayang, Puspita AD dan H. Identifikasi Kesulitan Guru Ipa dalam Melaksanakan kurikulum 2013 Di SMP Negeri Wonogiri. J Pendidik [Internet]. 2015;11(2033–166):1–4. Available from: http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi Jurnal
  7. Agus M, Budiyanto K, Waluyo L, Mokhtar A. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang Implementation of Scientific Approach in Education in Primary Education in Malang. J Pendidik [Internet]. 2016;13(1):46–51. Available from: https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5648
  8. Shofiyah N, Sidoarjo UM, Reasoning S. Model Problem Based Learning ( Pbl ) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. J Pendidik [Internet]. 2018;3(1):33–8. Available from: https://www.researchgate.net/publication/329015360
  9. Setiadi H. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013 The Implementation Of Assessment In The Curriculum 2013. J Penelit dan Eval Pendidik [Internet]. 2016;20(2):12. Available from: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep%0A
  10. Bengkayang N. Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Description Of Students ’ Learning Difficulties And The Causes On I . Junal Pendidik Fis. 2017;07(01):44–53.
  11. Kusnadi,Dedi, Suradi Tahmir DIlM. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika di sma negeri 1 makassar. J Mat dan Pembelajaran. 2014;2:123–35.
  12. Yuliana N. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 2018;2(April):21–8.
  13. Putri RF, Jumadi J. Kemampuan Guru Fisika dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta Kendala-Kendala yang Dihadapi Senior High School Physics Teacher ’ s Ability to Apply The Learning Models of 2013 Curriculum and the Obstacles Faced. J Inov Pendidik IPA [Internet]. 2017;3(2):201–11. Available from: http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi Jurnal
  14. Arikunto S. Prosedur Penelitian Pendektan Praktik. 15th ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2013. 173 p.
  15. Riduwan. Dasar-Dasar Statistika. 1st ed. Iswarta P wija, editor. Bandung; 2013. 38 p.